Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Sejarah Kalimalang Dulu dan Kalimalang Sekarang di Bekasi

REVITALISASI: Salah satu spot Kalimalang yang telah mengalami revitalisasi di Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sungai Kalimalang identik dengan wilayah Bekasi, Jawa Barat. Bahkan, di Kabupaten Bekasi masih menjadi salah satu nama jalan, yaitu Jalan Inspeksi Kalimalang.

Nama Kalimalang ini sangat populer. Terkenal karena panjangnya yang membentang membelah wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, hingga DKI Jakarta, yaitu Cipinang, Jakarta Timur. Panjangnya lebih dari 60 kilometer.

Sungai Kalimalang ini bukan berarti sungai yang malang. Nama Kalimalang lantaran posisi sungai yang tidak biasa dari umumnya. Biasanya, sungai membentang dari hulu di gunung dan hilirnya ke laut. Pantai-pantai di Jawa Barat berada di selatan dan utara. Nah, Kalimalang ini posisinya malang atau melintang dari timur ke barat, tepatnya melintang dari Bendung Curug Karawang di timur hingga ke Sungai Cipinang, Jakarta Timur di barat.

BACA JUGA: 10 Spot Wisata Danau di Bekasi Murah Meriah dan Instagenic

Berdasarkan sejumlah sumber, Sungai Kalimalang dibangun pada tahun 1960-an bersamaan dengan pembangunan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Nama resminya adalah Saluran Induk Irigasi Tarum Barat. Salah satu fungsi saluran ini adalah mengalirkan air bersih dari Sungai Citarum untuk DKI Jakarta dan sekitarnya. Hulu Sungai Kalimalang sendiri berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencoba merevitalisasi sebagian kecil Kalimalang menjadi wisata alternatif keluarga di wilayah Kota Bekasi, tepatnya di Jalan M Hasibuan, Margajaya, Bekasi Selatan. Revitalisasi tahap pertama bagian utara Kalimalang yang dikerjakan pada tahun 2019 sudah diresmikan pada 20 April 2022. Ada taman dan jogging track. Diberi nama Tarum Bhagasasi. Sayangnya, hingga saat ini belum dibuka untuk umum.

Tarum Bhagasasi di sisi utara Kalimalang, Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Hasibuan, Margajaya. Foto: Raiza Septianto/Radarbekasi.id

 

BACA JUGA: Kalimalang jadi Destinasi Wisata Baru

Kembali ke Sungai Kalimalang. Sungai Kalimalang ini dimanfaatkan sejumlah operator air bersih untuk memasok air ke pelanggannya, seperti PDAM Tirta Bhagasasi milik Pemkab Bekasi, PDAM Tirta Patriot milik Pemkot Bekasi dan operator air bersih DKI Jakarta, PT Aetra Air Jakarta dan PT Pam Lyonnaise Jaya.

Kini, di atas Kalimalang yang berada di wilayah Kota Bekasi telah membentang jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu). Mulai dari gerbang tol Margajaya (sempat dibuka pada akhir 2022) hingga ke gerbang tol Kampung Melayu. Proses pembangunan Becakayu secara keseluruhan hingga saat ini masih berlangsung. Rencananya, Becakayu akan berakhir di wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi.

Progres pembangunan tol Bekasi Cawang Kampung melayu (Becakayu) di atas sungai Kalimalang. Foto: Raiza Septianto/Radarbekasi.id

 

Dulu, Kalimalang juga dikenal sebagai jalan alternatif yang macet, jalan rusak dan penuh kendaraan angkutan serta roda dua. Sekarang, imej negatif Kalimalang seperti itu perlahan sirna. Karena sudah ada pelebaran jalan di sisi selatan wilayah Kota Bekasi. Macet juga mulai terurai lantaran ada tol Becakayu. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin