Berita Bekasi Nomor Satu

Ketua RT: AS Terima BLT dan Tinggal di Gang Sempit, Tak Mungkin Punya Rubicon

Jeep Rubicon milik Rafael Alun Trisambodo dan dipakai anaknya, Mario Dandy Satriyo, saat melakukan penganiayaan terhadap David. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Ketua RT di Gang Jati, Mampang Prapatan, Kamso Badrudin, 49, tak percaya Ahmad Saefudin pemilik pertama Jeep Rubicon yang dipakai oleh Mario Dandy Satriyo. Sebab, Saefudin tidak akan mampu membelinya.

Kamso mengatakan, Saefudin pernah menjadi warganya di RT 01/01, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan selama belasan tahun. Dia tahu persis kemampuan ekonomi Saefudin.

“Saya sekali lagi menyatakan itu tidak masuk akal bahwa saudara AS memiliki satu unit Rubicon. Karena kesehariannya saja dia mengendarai kendaraan roda dua,” kata Kamso kepada wartawan, Sabtu (4/3/2023).

BACA JUGA: Wamenkeu Sebut Rubicon Rafael Milik Kakaknya

Selain itu, Saefudin juga terdaftar sebagai penerima bansos dan bantuan langsung tunai (BLT) pemerintah. Sehingga tidak mungkin kelompok masyarakat bawah mampu membeli Rubicon lalu dijual lagi kepada Rafael Alun Trisambodo, ayah Dandy.

“Kemungkinan untuk memiliki Rubicon itu nggak mungkin, tapi kemungkinan KTP dia digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Kamso.

Berdasarkan keterangan Saefudin, KTP-nya pernah dipinjam oleh seseorang berinisial A. Namun, Kamso tak tahu persis hubungan antara A dan Saefudin.

BACA JUGA: Begini Penampakan Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo di KPK

Sebelumnya, KPK telah memeriksa mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo, Rabu (1/3). KPK menelisik harta kekayaan ayah dari Mario Dandy Satrio, pelaku penganiayaan, yang tercantum di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Salah satu yang diklarifikasi yakni terkait kepemilikan Jeep Rubicon yang dipamerkan Mario di media sosial. Berdasarkan hasil pengakuan Rafael, mobil mewah produksi Amerika Serikat itu dibeli Rafael dari seorang bernama Ahmad Saefudin.

“Karena yang kita lihat di lapangan kan nama Ahmad Saefudin atau AS itu ya. Kita udah lihat di lapangan itu gang dan orangnya nggak ada lagi di situ, tapi pada klarifikasi kemarin kita udah tanyain kemarin tuh, dia bilang oh iya Pak, saya beli dari AS terus saya jual lagi ke kakak saya,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

BACA JUGA: Ramai-Ramai ASN Ditjen Pajak Jual Harley-Davidson, KPK: Kita Angkut Nama-Nama Penjualnya!

Pahala menjelaskan, identitas orang yang disebut menjual Rubicon ke Rafael itu bernama Ahmad Saefudin.

Menurutnya, nama Ahmad Saefudin masih tercantum di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Namun, Pahala mengatakan jika melihat tempat tinggal Saefudin yang berlokasi di Gang Jati, Mampang Prapatan agak mustahil memiliki Rubicon yang bernilai miliaran rupiah. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin