Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Mudik Gratis dari Bekasi, Catat Ini Jadwal dan Lokasi Pendaftarannya

Calon peserta mudik gratis saat akan mendaftar di terminal bus Bekasi, Selasa (14/3/2023). Foto ahmad pairudz/radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Musim mudik masih satu bulan lagi. Tetapi antusias para peminat mudik gratis tahun ini sangat besar. Terlihat di lokasi pendaftaran mudik gratis di Terminal Bekasi, Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa (14/3/2023).

Terlihat antrean puluhan warga mendatangi loket mudik gratis di Terminal Bekasi, sejak Senin (13/3/2023) sampai Selasa (14/3/2023) ini.

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Permana mengatakan, mudik gratis ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Kota tujuannya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

BACA JUGA: Angkutan Mudik Gratis belum Jelas

“Ada 28 tujuan titik arus mudik jadi yang terbagi nanti ada 8 kota untuk arus balik. Untuk kegiatan ini sendiri mulai dari tanggal 13 Maret sampai dengan 14 April,” kata Permana saat ditemui awak media, Selasa (14/3/2023).

Sebelum pendaftaran dimulai, beberapa waktu lalu Dishub melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pendaftaran pertama dimulai ada di kantor Dishub Tangerang, Terminal Kayuringin dan Margonda Depok.

“Antusiasme masyarakat. Ya cukup membludak di sini, pas pagi jam 7 kami launching mereka calon penumpang sudah berkumpul disini dan langsung dilayani oleh petugas,” ucapnya.

BACA JUGA: Pembatalan Mudik Gratis Tunggu Pemprov

Sementara, bantuan dari Dishub Kota Bekasi tetap melakukan support apapun yang dilakukan oleh Kemenhub. Namun, bagaimanapun program mudik gratis ini dari Kemenhub.

“Jadi orang tahu oh seperti ini mudik gratis, yang jelas kami siap untuk mendukung dan melaksanakan program Kemenhub,” ujarnya.

Kemudian, untuk kuota ada 24 ribu, terbagi dari beberapa kota. Jadi ada 459 bus yang terdiri dari 44 bus pariwisata dan 32 bus AKAP. Selain itu, rute paling banyak diminati Jawa Tengah dan Jawa Barat.

BACA JUGA: Pemkot Bekasi Tak Selenggarakan Mudik Lebaran 2022 Gratis, Ini Alasannya

“Keberangkatan dari terminal Pulogebang, Jatijajar, Depok, Pondok Cabe, Tangsel. Jadi diarahkan ke sana. Sebelum berangkat, mereka harus memvalidasi kembali karena kan ada barcode,” jelasnya seraya menyebut persyaratan KK dan KTP. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin