Berita Bekasi Nomor Satu

Ribuan Pencaker Padati Stadion Patriot

Illustrasi : Pencaker memadati selasar tribun Stadion Patriot saat digelarnya Job Fair 2023 dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bekasi ke-26 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Kamis (16/3). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Selasar Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi dipadati pelamar kerja. Mereka mencoba peruntungan lewat Job Fair 2023 yang diadakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi, Kamis (16/2),

Ribuan pelamar dari berbagai wilayah hingga luar Kota Bekasi ini berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai meski harus antre dan berdesakan.

Pencari kerja asal Kayuringin, Raihan (24) misalnya, ia sempat mengeluhkan antrean panjang menuju area utama Job Fair 2023 Kota Bekasi yang berada di lantai dua selasar Stadion Patriot Candrabhaga.

“Saya dari Kayuringin, antre di bawah dari jam 10 ini baru naik jam 12, berarti dua jam, emang ramai banget,” kata Raihan.

Meski antre cukup lama, Job Fair di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi diharapkan bisa membuka banyak kesempatan para pencari pekerjaan.

“Perusahaan di sini banyak lowongan berbagai macam posisi, Insya Allah dari semua orang di sini ada yang sesuai kriteria,” ucap Raihan.

Ditemui di lokasi yang sama, pelamar asal Cileungsi Kabupaten Bogor, Septa (23), berharap bisa bergabung di perusahaan-perusahaan besar. Namun ia mengaku kecewa, lantaran justru lebih banyak lowongan diluar keinginannya.

“Disangkanya bakal sesuai ekspektasi kita. Istilahnya kita kaya perusahaan-perusahaan besar. Tapi ternyata banyak yang finance dan gak cocok, sama rata-rata sales,” keluh Septa saat ditemui di lokasi, Kamis (16/3).

Pantauan Radar Bekasi di lokasi, pencaker sudah berdatangan sejak pagi hari sebelum acara dibuka pukul 10.00. Kegiatan yang berlangsung satu hari ini disambut antusias.

Sebelum masuk ke area utama Job Fair, peserta pencaker terlebih dahulu diverifikasi di pintu masuk menuju selasar tribun lantai dua, setelah sebelumnya melakukan pendaftaran secara daring.

Berdasarkan informasi yang diterima ada 34 perusahaan yang bergabung dalam kegiatan tersebut.

Hingga siang antrean pengunjung mengular sampai di gerbang masuk utama Stadion Patriot Candrabhaga, sekitar kurang lebih 100 meter dari lokasi area utama job fair.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi Ika Indahyarti mengatakan Job Fair 2023 ini diadakan dalam rangka ulang tahun ke 26 Kota Bekasi.

Ika menjelaskan peserta yang telah mendaftar melalui daring ada 7.500 orang, dan perusahaan yang bergabung ada 34 perusahaan dari Jabodetabek. Dengan potensi lowongan yang bisa dilamar oleh peserta ada 3.749, dan 151 jabatan.

Lanjut Ika, angka pengangguran di Kota Bekasi diklaim menurun 2,07 persen dari tahun 2021 dan 2022. “Angka pengangguran di Kota Bekasi tahun 2021 itu ada 10,88 persen. Sementara, tahun 2022 sudah mulai menurun menjadi 8,81 persen. Namun meskipun ada penurunan, saya rasa angka tersebut juga masih tinggi karena masih ada angka pengangguran yang tidak tercatat di Kota Bekasi,” bebernya.

Menurutnya, Pemkot Bekasi sudah menangani angka pengangguran di Kota Bekasi dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, dan membuka pelaksanaan job fair.

Selain itu, pihaknya juga memprioritaskan warga Kota Bekasi untuk mengikuti Job Fair, meski masih ada warga di luar Kota Bekasi yang mencari kerja dan itu juga tetap diterima. (rez)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin