Gorengan-Kopi Picu Batuk dan Radang Tenggorokan

Kepala Puskesmas Jatibening, dr. Arnya Andriani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mengatur pola makan dikala sahur dan berbuka merupakan bagian terpenting dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Dari situ, imun tubuh kita menguat dan tak mudah terserang penyakit. Sebab penyakit yang sering sekali muncul saat Ramadan adalah radang tenggorokan dan batuk. Itu terjadi karena kurangnya minum dan pola makan gorengan yang berlebih.

Untuk mengimbanginya, maka pola makan yang sehat seperti mengonsumsi buah, sayuran dan asupan air mineral sebanyak delapan gelas dalam sehari tak boleh terlewat. Selain mengurangi makan gorengan, ada baiknya kita juga membatasi minum kopi dan jenis minuman bersoda. Sebab dua minuman yang saya sebutkan tadi akan memicu radang dan juga batuk.

BACA JUGA: Makan dan Minum Sebab Lupa di Siang Hari Ramadan, Puasa Batal atau Sah?

Lebih lanjut, untuk menjaga tubuh agar  tetap fit maka baiknya kalian dapat mengatur pola tidur. Hindari tidur terlalu larut malam karena tubuh harus kembali beraktivitas untuk makan sahur.

Dan yang terakhir adalah, semoga masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas saat beribadah. Sebab Covid-19 tetap harus kita waspadai. Jika ada gejala Covid-19, segera isolasi mandiri dan konsultasikan ke puskesmas terdekat.(dew)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin