Berita Bekasi Nomor Satu

Puasa Ramadan Tapi Tidak Salat, Bagaimana Hukumnya?

Ilustrasi salat.

RADARBEKASI.ID – Melaksanakan kawajiban salat 5 waktu terasa ringan bagi orang-orang yang mendapatkan petunjuk di jalan kebaikan.

 

 

Namun ibadah yang langsung diterima Rasullullah dari Allah dalam peristiwa monumental Isra mi’raj itu, bagi sebagian lainnya terasa sangat berat.

 

 

Saking beratnya konsisten melaksanakan ibadah salat 5 waktu, ada yang merasa lebih mudah menunaikan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh dibanding melaksanakan ibadah salat.

BACA JUGA: Makan dan Minum Sebab Lupa di Siang Hari Ramadan, Puasa Batal atau Sah?

 

 

Bagaimana hukumnya orang yang rajin melaksanakan ibadah puasa Ramadan namun salat 5 waktu bolong-bolong?

 

 

Bagi seorang muslim, salat dan puasa Ramadan merupakan ibadah yang wajib dikerjakan. Kedua perintah ini termasuk dalam rukun Islam yang lima.

 

 

Salat wajib dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam, sedangkan pelaksanaan puasa Ramadan hanya 30 hari selama bulan Ramadan.

BACA JUGA: Berpelukan dan Mencium Kening Istri Saat Berpuasa, Batalkah?

 

 

Lantas bagaimana hukum puasa bagi seorang mukmin yang tidak melaksanan salat?

 

 

Dalam hal ini ulama membaginya menjadi dua kriteria hukum yang dikenakan bagi orang tersebut.

 

 

Hukum yang pertama, jika seseorang meninggalkan salat saat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan alasan bahwa salat merupakan hal yang tidak wajib dikerjakan, maka dia bisa dianggap murtad (keluar dari agama Islam) dan puasanya otomatis batal.

BACA JUGA: Mimpi “Basah” Sampai Keluar Air Mani, Puasa Tetap Sah atau Batal?

 

 

Ibadah apapun dalam Islam mensyaratkan pelakunya adalah seorang muslim. Mengingat salat adalah penentu status keislaman seseorang, maka orang yang sengaja tidak mengerjakan salat karena diakuinya bukan perkara wajib, puasanya dianggap tidak sah.

 

 

Hukum yang kedua, jika orang yang meninggalkan salat saat berpuasa dikarenakan kelalaian atau malas, maka orang tersebut tetap muslim dan tidak membatalkan ibadah puasanya.

 

 

Tentu saja, perbuatannya itu dapat merusak pahala ibadah puasanya. Memang, tidak ada keterkaitan antara rukun puasa dan rukun salat.

BACA JUGA: Asyik Bercinta sampai Lupa Azan Subuh Tiba, Puasa Sah?

 

 

Puasanya tetap sah, tetapi tidak diterima pahalanya sebab salat adalah kunci segala ibadah. Selain itu, dia juga telah berbuat dosa besar karena meninggalkan salat.

 

 

Bagaimana pun, salat merupakan tiang agama dan puasa merupakan perisai dari kemaksiatan. Kedua-duanya adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap muslim.

 

 

Siapa yang berpuasa, tetapi meninggalkan salat, bertaubat lah. Sungguh rahmat dan ampunan Allah SWT Maha Luas dan Dia sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang mau bertaubat. (*/radarbekasi.id)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin