Berita Bekasi Nomor Satu

Tukar Guling Piala Dunia U-20 Indonesia dengan Peru?

Ketum PSSI Erick Thohir menjelaskan rencana dirinya bakal melobi FIFA agar Piala Dunia U-20 2023 tetap digelar di Indonesia, Selasa (28/3/2023) malam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Dinamika pasca pembatalan drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya diadakan di Bali pada 31 Maret terus bergulir.

 

 

Paling anyar, FIFA menghapus unggahan soundtrack untuk Piala Dunia U-20 2023 Indonesia di akun Instagram @fifaworldcup.

 

 

Bersamaan dengan itu, artikel resmi dan cuplikan video official yang diunggah di situs resmi FIFA turut dihapus. PSSI juga menghapus unggahan tersebut di akun Instagram-nya.

BACA JUGA: Pulang dari Stadion Patriot Candrabhaga, Erick Thohir Lobi FIFA Minta Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U-20

 

 

Ketum PSSI Erick Thohir pun turun tangan dan melobi langsung delegasi FIFA di Doha, Qatar, hari ini. Belum diketahui pasti apa hasil pertemuan tersebut.

 

 

Situasi itu makin menguatkan dugaan bahwa bukan hanya drawing yang batal. Namun, status Indonesia sebagai tuan rumah PD U-20 2023 juga terancam dicabut. Kabarnya, status tuan rumah akan diberikan ke Peru. Namun, belum ada keterangan resmi dari PSSI perihal informasi tersebut.

 

”Tolong komunikasi dengan Pak Arya Sinulingga. Dia Exco PSSI yang ditugaskan untuk itu (Piala Dunia U-20, Red),” ujar Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali dikutip dari Jawa Pos. Sayangnya, Arya tidak merespons saat dikonfirmasi.

BACA JUGA: Buntut Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Situs FIFA Hapus Soal Ini

 

 

Sementara itu, menurut Akmal Marhali, pengamat sepak bola nasional, Indonesia sedang menyusun rencana lain agar tetap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia.

 

 

Namun, bukan untuk U-20, melainkan U-17. Indonesia bertukar posisi dengan Peru. Sebelumnya, Peru ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Namun, belakangan Peru dikabarkan mengundurkan diri.

 

Akmal mengakui bertemu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada Senin (27/3/2023) malam terkait dengan rencana Erick Thohir bertemu FIFA.

BACA JUGA: Ini Mutasi Terbaru 2023 di Tubuh Polri, Irjen Fadil Imran ke Kabaharkam, Irjen Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya

 

 

”Mau coba tawarkan posisi tukar guling tuan rumah Piala Dunia. Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Lalu, Peru jadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” ungkap Akmal.

 

 

Menurut PDIP, kata Akmal, itulah solusi terbaik. Sebab, tidak ada Israel U-17 pada ajang tersebut.

 

 

Akmal menegaskan, menukar status tuan rumah Piala Dunia U-20 dengan Peru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, Piala Dunia U-20 bukan ajang sembarangan.

BACA JUGA: Ini Sosok Irjen Karyoto Kapolda Metro Jaya Pengganti Irjen Fadil Imran

 

 

”Ini harus dipahami politisi dan bangsa kita. Pilihannya hanya dua. Menerima apa yang sudah disepakati bersama atau sama sekali tidak jadi menggelar Piala Dunia,” tegasnya.

 

 

Akmal mengungkapkan, sebenarnya Indonesia melakukan berbagai upaya lobi untuk mencari jalan keluar. Mulai tidak mengibarkan bendera Israel, tidak menyanyikan lagu kebangsaan Israel, hingga meminta Israel bermain di Singapura.

 

 

”Tapi, semuanya ditolak FIFA,” beber Akmal. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin