Berita Bekasi Nomor Satu

Cara Tepat Ajarkan Anak Berpuasa

Dokter spesialis anak RS Ananda Bekasi dr. Raedy Ruwanda, M.Kes. Sp.A,

RADARBEKASI.ID, BEKASI Untuk kalian yang memiliki anak pada usia tertentu dan ingin mulai mengajarkan si anak berpuasa, kalian perlu tahu bagaimana cara mengajarkan anak untuk berpuasa dengan aman dan sehat.

Pada dasarnya usia ideal yang dianggap sudah bisa berpuasa penuh adalah saat anak sudah mengalami pubertas, atau dengan rentang usia 10-14 tahun.

Namun demikian anak bisa dianjurkan untuk belajar berpuasa pada rentang usia 7 tahun, namun memang menurut beberapa penelitian, lebih cepat diajarkan berpuasa dianggap lebih baik.

Sebab manfaat dari berpuasa sendiri dirasa sangat besar, diantaranya dapat menstabilkan berat badan, mengurangi stres oksidatif dan peradangan tubuh, serta menjaga kadar gula darah.

Sehingga penting bagi si orang tua mengetahui asupan seperti apa yang harus diberikan kepada anak dengan usia tertentu yang sedang menjalani ibadah puasa.

Beberapa hal diantaranya. Membiasakan anak bangun sahur dengan perlahan, memulai puasa sebanyak 6-8 jam terlebih dulu, memberikan nutrisi yang lengkap saat sahur, utamakan dapat diberikan makanan yang mengandung kadar protein dan lemak yang cukup.

Seperti ayam, ikan, tahu, tempe, serta nasi, tidak lupa dengan sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin. Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan energi serta metabolisme tubuh anak.

Selain itu penuhi kebutuhan cairan anak agar tidak terjadi dehidrasi, usahakan anak minum sekitar 6-8 gelas sehari yang bisa dibagi saat berbuka dan sahur.

Dan yang terakhir penting bagi orang tua agar bisa menanamkan nilai-nilai keutamaan puasa dari segi agama, seperti pahala yang berlipat ganda. Sehingga anak akan lebih semangat dalam menjalani ibadah puasanya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin