Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Waspada, Usus Ayam Berformalin Beredar di Pasar Baru Bekasi

Petugas saat melakukan pemantauan penjualan jeroan ayam di Pasar Baru Bekasi. Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Waspada membeli jeroan ayam potong jelang Lebaran ini. Beredar kabar, salah satu pedagang di Pasar Baru Bekasi menjual usus ayam yang mengandung formalin.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Romi Payan membenarkan adanya kabar penjualan usus ayam berformalin.

Kini, sambung Romi Payan, pihaknya sedang menindaklanjuti temuan tersebut dengan membuat surat pernyataan kepada pihak pedagang.

BACA JUGA: Alat Timbang Disinyalir Banyak Menyimpang, DPRD Kota Bekasi Ini Desak Disdag Tera Ulang

“Yang bersangkutan sudah diminta membuat surat pernyataan tidak akan mengulang kembali. Juga sudah dilakukan pembinaan agar jangan berbuat seperti itu lagi. Ini akan ditindaklanjuti kita akan kontrol setiap hari terhadap pemantauan zat-zat berbahaya bagi kualitas daging,” ucapnya, Jumat (14/4/2023).

Lebih lanjut, Romi Payan menjelaskan pihaknya akan lakukan pengawasan lebih ketat, mengingat usus ayam merupakan komoditi yang sering dikonsumsi masyarakat.

“Iya harus diperketat, satu lagi kalau yang bersangkutan melakukan aksinya kembali akan diusir dari situ dan tidak diperkenankan untuk berjualan kembali,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sidak Daging Lebaran 2023, DKPPP Obok-Obok Pasar Pondokgede dan Pasar Kranggan

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi, Ester menegaskan kualitas daging hewan masih terbilang aman untuk dikonsumsi publik.

“Tidak hanya pemantauan di hari hari besar saja seperti lebaran ataupun natal. Tetapi kita lakukan secara rutin kita melakukannya rutin untuk keamanan konsumsi bagi masyarakat,” tutupnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin