Berita Bekasi Nomor Satu

Tangkal Rudal dan Antikapal Selam Korut, Korsel, AS dan Jepang Gelar Latihan Perang Bersama

Parade rudal Korea Utara. (ANTARA)

RADARBEKASI.ID, KORSEL – Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang sepakat untuk menggelar latihan pertahanan rudal dan antikapal selam secara rutin.

Kesepatakan ini diambil dalam Perundingan Trilateral Pertahanan (DTT) di Washington guna menangkal ancaman Korea Utara yang semakin membesar.

Sebelumnya, Korut melakukan uji coba senjata terbaru Pyongyang. Termasuk rudalbalistik antarbenua Hwasong-18 (ICBM) pada Kamis.

BACA JUGA: Ujicoba Rudal Antarbenua Korut Gagal, Amerika dan Korsel Beri Kecaman

“Perwakilan ketiga negara memutuskan untuk rutin melakukan latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal dan menghadapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara,” kata Kementerian Pertahanan Korea SelatanDilansir dari ANTARA, Minggu (16/4/2023).

Ketiga negara juga melakukan konsultasi tentang cara  melanjutkan  program pelatihan trilateral, termasuk larangan maritim dan operasi antipembajakan.

Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Korsel Heo Tae-keun, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik Ely Ratner dan Direktur Jenderal untuk Kebijakan Pertahanan Jepang Kazuo Masuda memimpin delegasi masing-masing.

BACA JUGA: AS-Korsel Latihan Militer Gabungan, Korut Geram Ancam Tindak Tegas

DTT sebelumnya diadakan pada 2020. Perundingan itu tidak digelar pada 2021 dan tahun lalu akibat pandemi COVID-19 dan karena Seoul dan Tokyo bersitegang. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin