Berita Bekasi Nomor Satu

Lonjakan Penumpang Terminal Induk Bekasi belum Signifikan, Tujuan Sumatera Masih Dominan

RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI Ilustrasi : Calon penumpang mencari bus yang akan ditumpangi di Terminal Induk Kota Bekasi, Minggu (16/4). Pantauan pemudik di terminal Bekasi masih landai.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Enam hari menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah aktivitas di Terminal Induk Kota Bekasi masih terlihat landai, belum ada lonjakan penumpang yang signifikan

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Mariana mengatakan untuk peningkatan sudah ada, namun belum terlihat signifikan hanya di beberapa tujuan seperti Bekasi-Sumatera.

“Untuk peningkatan sampai saat ini hanya di Trans Sumatera (Bekasi-Sumatera) kalau yang lainnya belum signifikan kelihatan, Jadi kalau sampai saat ini hanya ada kenaikan di Sumatera saja dari 10-25 persen,” ungkapnya saat ditemui di Terminal Bekasi, Minggu (16/4)

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik lebaran 2023 terjadi pada H-3 atau H-2 berbarengan dengan cuti bersama, “Lonjakan tanggal 18-19 itu prediksi kami, itu sesuai jadwal SOP yang kami buat,” jelasnya

Selain itu dirinya juga sudah melakukan koordinasi dengan PO Bus yang ada di Kota Bekasi untuk antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik.

“Untuk bus tambahan sendiri kami sediakan sebanyak 50 bus tambahan jika nanti ada lonjakan penumpang, itu kalau memungkinkan kita pakai, Tapi, PO sendiri berusaha maksimal melayani tanpa ada bus tambahan, jadi mereka harus safety, sopirnya jadi ada 2-3 sopir,” ungkapnya

Persiapan untuk kendaraan bus, pihaknya sudah melakukan ramp check terlebih dahulu dari tanggal 24 sampai 31 Maret 2023.

“Ya kemarin kita sudah lakukan ramp check, Nah besok kita akan lakukan lagi ada kurang lebih 157 bus besok itu, jadi dua hari kedepan akan kami lakukan ramp check,” ujarnya

Terpisah, Kepala Terminal Bekasi Hermawan mengatakan pihaknya juga menyiapkan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan bagi para calon pemudik.

“Terminal kemarin kita rapikan kita aspal, ruang tunggu kita rapikan juga, kita cat. terus ada tambahan CCTV 5 titik di sekitar terminal, mulai dari pintu masuk, tengah, sebelah barat, utara, maupun pintu keluar. Jadi ada 5 titik CCTV untuk memonitor kegiatan pergerakan di terminal,” ucapnya.

Dirinya menghimbau kepada calon penumpang yang akan melaksanakan mudik untuk tetap berhati-hati, selalu menerapkan protokol kesehatan, dan menghubungi petugas di lapangan apabila menemui hal-hal mencurigakan. ”Hindari calo silahkan beli tiket di loket-loket resmi di terminal,”pungkasnya. (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin