Berita Bekasi Nomor Satu

Kapolda Metro Jaya Pantau Arus Mudik di Cikunir, Begini Situasinya

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto saat memimpin pemantauan arus mudik di tol Cikunir, Rabu (19/4/2023). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengklaim kondisi arus kendaraan di simpang tol Cikunir, Bekasi, Jawa Barat masih terpantau ramai lancar.

Rata-rata kecepatan kendaraan mencapai 60 km/jam pada puncak arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) malam.

“Dapat kita lihat kendaraan masih lancar sekitar 60 km/jam,” kata Kapolda Metro Jaya Karyoto saat pemantauan langsung di Tol Cikunir Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Rabu (19/4/2023).

BACA JUGA: Arus Mudik Padat, One Way Tol Japek – Gerbang Tol Kalikangkung Diperpanjang

Gambaran kondisi kecepatan kendaraan 60km/jam itu, imbuh Karyoto diambil sesuai data arus lalu lintas sekitar pukul 20.00 WIB. Sehingga, apabila mulai terjadi kepadatan di simpang tol Cikunir, petugas akan bersiap berlakukan rekasaya lalu lintas contra flow.

“Ketika antrean mengekor sampai kilometer mendekati Jakarta dengan gerakan yang sangat lambat. Korlantas akan membuat terobosan dengan cara contra flow dalam beberapa jam kedepan supaya bisa meredakan arus kembali,” jelasnya.

Pihaknya memprediksi kepadatan akibat pengendara yang hendak mudik lebaran di simpang Cikunir akan dimulai ketika pukul 21.00 WIB. Melihat dari tren mobilitas kendaraan yang cenderung selalu meningkat menjelang malam dan akan turun pada waktu dini hari.

BACA JUGA: Ini Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Serentak saat Musim Mudik Lebaran 2023

“Bisa kita lihat ke arah Barat sangat lancar, dan ke arah Timur masih lancar. Dimungkinkan nanti mulai padat lagi di atas pukul 21.00,” tutur Karyoto.

Sementara berdasarkan pantauan kondisi arus lalulintas di simpang Tol Cikunir sampai pukul 20.45 WIB masih terpantau ramai lancar. Tidak ada kepadatan kendaraan di yang berangkat dari Jakarta.

Dimana titik Simpang Susun Cikunir, Kota Bekasi telah menjadi satu lokasi yang akan jadi pusat pemantauan dari Ditlantas Polda Metro Jaya mengawal mobilitas pemudik dari Barat ke Timur Pulau Jawa.

BACA JUGA: Catat, Ganjil Genap Kendaraan Pemudik di Tol Berlaku Hari Ini, Mulai KM 47 hingga KM 414

Sebelumnya, Korlantas Polri memutuskan untuk memperpanjang sistem one way di KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 414 Tol Kalikangkung pada Rabu (19/4/2023) hingga pukul 24.00 WIB.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah mengatakan awalnya sistem one way itu akan selesai pada hari ini sekitar pukul 12.00 WIB. Dengan penerapan contra flow dari Tol Cikampek KM 40 – KM 47.

“Penerapan one way dari KM 72 sampai dengan KM 414 yang seharusnya selesai pada tanggal 19 April 2023 pukul 12.00 WIB, saat ini kembali diperpanjang sampai dengan pukul 24.00 WIB dengan diiringi penerapan contra flow dari KM 40 sampai dengan KM 47,” kata Nurul sapaan akrabnya dalam keterangannya.

BACA JUGA: Pemudik Dihadang Debt Collector di Jalan

Nurul menyebut berdasarkan perhitungan, terjadi peningkatan jumlah kendaraan sehingga terjadinya kepadatan di beberapa titik ruas tol.

“Hal tersebut berdasarkan hasil traffic counting pada km 50A yang sudah mencapai rata-rata 5.800 kendaraan/ jam,” ucapnya.

Selain itu, berdasarkan hasil traffic counting pada km 50 Tol Japek juga terjadi kenaikan volume arus lalin sebesar 10%, yaitu dari 5.087 kendaraan/ jam pada saat ini menjadi 5.506 kendaraan/jam pada tadi malam. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin