Berita Bekasi Nomor Satu

Antisipasi Arus Balik Gelombang Kedua

SAMPAI TERMINAL: Sejumlah pemudik tiba di Terminal Bekasi, Selasa (25/4). Pasca Lebaran Idul Fitri 2023 lonjakan kedatangan penumpang terus bertambah. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lonjakan kedatangan penumpang antar kota dan provinsi mulai terjadi di terminal Induk Kota Bekasi dua hari usai perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Jumlah penumpang yang turun di terminal juga terlihat mengalami peningkatan, pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4).

Pantauan Radar Bekasi di lokasi pemudik yang turun di Terminal Induk Bekasi didominasi bus tujuan Jawa Barat.

Kepala Terminal Bekasi Hermawan mengatakan, pada H+2 lebaran sudah ada peningkatan hingga 100 persen kedatangan penumpang dibanding sehari sebelumnya.

“Untuk arus balik yang terpantau cukup meriah. Banyak dari rute cirebon dari Tasik dari Garut dan Pangandaran,” ucap dia

Hermawan mengungkap pada H+1 lebaran 2023 jumlah pemudik yang datang sebanyak 146 orang. Sedangkan H+2 sebanyak 365 pemudik yang turun di Terminal Induk Bekasi.

Pihaknya saat ini telah mengantisipasi lonjakan arus balik di Terminal Induk Bekasi. Hermawan menduga puncak arus mudik lebaran 2023 terjadi dua gelombang, pertama pada tanggal 24-25 April, gelombang kedua pada 30 April-01 Mei 2023.

“Prediksi arus balik tanggal 25 hari ini, tapi mulai 24-25 (April 2023) memang puncak arus balik gelombang pertama, kemungkinan ada gelombang kedua nanti di tanggal 30 (April 2023) dan 1 Mei 2023,” sambungnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Bekasi telah menyediakan 50 bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik di Terminal Induk Bekasi. Akan tetapi Hermawan mengatakan dari 50 bus yang disediakan hanya delapan bus yang digunakan.

“Untuk bus cadangan kita antisipasi sebanyak 50 kendaraan, tapi pada pelaksanaannya kemarin itu hanya 8 bus yang kita pergunakan yaitu Sumatera 4. Jalur pariangan ada 4 unit juga tujuan pangandaran,” katanya.

Dirinya mengatakan untuk arus mudik dan arus balik pada lebaran tahun ini pihaknya mengklaim lebih kondusif tidak ada penumpang yang tidak terlayani.

“Alhamdulilah dibandingkan tahun sebelumnya kita penyelenggaraan angkutan lebaran paling tidak alhamdulilah cukup kondusif untuk tahun ini tidak ada stuck, penumpang terlayani,” pungkasnya.(rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin