Berita Bekasi Nomor Satu

Ribuan Penumpang Turun di Bekasi

ILUSTRASI: Sejumlah penumpang memadati di area peron Stasiun Bekasi, belum lama ini. KAI menambah empat perjalanan sore hari Manggarai- Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 4.500 penumpang yang turun di Stasiun Bekasi per Kamis, 27 April 2023.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan data tersebut mengalami kenaikan secara total.

“Terdapat sekitar 43.500 pengguna yang tiba di Daop 1 Jakarta, dengan rincian 16.000 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.900 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4500 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.600 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” ungkap Eva kepada pojoksatu.id (Grup Radar Bekasi), Kamis, 27 April 2023.

PT KAI melakukan persiapan pada arus balik di beberapa Stasiun yang berada di Daop 1 Jakarta.

Di antaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang agar penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang ya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

“Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” demikian kata Eva.

Disamping itu, pihaknya juga mencatat sekitar 23.500 penumpang yang masih mudik lebaran, meskipun sudah melewati libur Lebaran 2023. Jumlah itu merupakan data keberangkatan dari Stasiun Gambir dan juga stasiun Pasar Senen.

Eva merincikan sekitar 16.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi.

Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 7.500 dengan layanan 38 kereta beroperasi.

“Okupansi penumpang total mencapai 60 persen dari total ketersediaan tempat duduk,” ungkapnya.

Dia mengatakan sementara berdasarkan data Kamis 27 April 2023 sekitar 675 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

“Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung,” tutup Eva. (dil/pjk)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin