Berita Bekasi Nomor Satu

Heboh Salat Jumat di At Toha Pondokgede Diganti Salat Zuhur Berjamaah, Ini Alasannya

Ilustrasi jamaah melaksanakan salat berjamaah. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Media sosial heboh. Sebuah masjid di wilayah Kota Bekasi gagal melaksanakan salat Jumat lantaran tak ada khatibnya. Para jamaah pun mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur berjamaah.

Kehebohan itu pun viral di jagad maya. Sebuah akun TikTok @gabuspucunggg mengabarkan peristiwa itu terjadi di masjid At Toha. Tepatnya di wilayah Kelurahan Jatimakmur, Pondokgede, Kota Bekasi.

Menanggapi hal itu, Lurah Jatimakmur, Atmanto membenarkan peristiwa tersebut terjadi Jumat (19/5/2023) karena saat itu khotib yang dijadwalkan akan khutbah tidak ada karena terlambat. Sementara anggota DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) lain sudah ada jadwal di masjid yang lain.

BACA JUGA: Khutbah New Normal

“Jadi itu yang jadi khatibnya rapat di sekolah, kesiangan. DKM maupun yang lain-lain udah khatib di masjid yang lain,” kata Atmanto kepada Radarbekasi.id, Minggu (21/5/2023).

“Nah yang terjadwal rapat kesiangan. Ya harusnya kan rapat ditinggal ya. Ceritanya begitu, akhirnya solat Zuhur berjamaah,” ucapnya.

Sementara, imbuh Atmanto, DKM-nya yang mampu khutbah juga sudah ada jadwal di tempat lain. Sebagian lainnya sedang ke luar Kota. Informasi tersebut baru diketahui menjelang azan.

BACA JUGA: Menag Terbitkan Surat Edaran Soal Perbedaan Perayaan Idulfitri 1444 H, Begini Pesannya

“Bukannya Jatimakmur kekurangan ustad ya. Itu mah banyak. Ini baru kali ini ya, saya harap jangan terulang lagi, malu,” terangnya.

Peristiwa ini juga mendapat perhatian dari Dewan Masjid Indonesia.

“Kemarin kesimpulan dari DMI. Jangan sampai terulang kembali. Paling tidak harus ada cadangan, kalau tidak, paling tidak pagi atau masih jauh waktu komunikasinya, jangan sampai terulang,” pungkasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin