Berita Bekasi Nomor Satu

Kelurahan Mustikajaya Sukses jadi Tuan Rumah Festival Adu Bedug dan Dondang 2023  

Pawai Ondel-ondel Betawi di Jalan Raya Mustikajaya, Minggu (21/5/2023). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kelurahan Mustikajaya sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Adu Bedug dan Dondang 2023  di Stadion H Natrom Nursyamsu pada Minggu (21/5/2023). Antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti acara rutin tahunan yang sudah memasuki pelaksanaan ke-16 tersebut.

Festival Adu Bedug dan Dondang digelar sebagai upaya melestarikan budaya, hiburan, sekaligus silaturahmi warga selepas Idulfitri. Kegiatan ini diikuti masyarakat dari empat kelurahan di wilayah Kecamatan Mustikajaya yakni Mustikajaya, Cimuning, Padurenan, dan Mustikasari.

Pantauan Radar Bekasi, pawai seni dan budaya oleh masyarakat di Jalan Raya Mustikajaya sudah terlihat mulai pukul 13.00 WIB. Antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti kegiatan tersebut. Berbagai jenis kuliner khas Betawi dan fesyen dari UMKM pun banyak dijumpai di sekitaran lokasi Festival Adu Bedug dan Dondang.

Lurah Mustikajaya Mochamad Sunaryadi mengatakan, 2023 ini Kelurahan Mustikajaya menjadi tuan rumah karena pada tahun lalu berhasil menjadi juara Festival Adu Bedug dan Dondang. Ia bersyukur, acara ini berlangsung meriah dan sukses berkat persiapan jauh-jauh hari yang dilakukan panitia bersama sejumlah pihak.

“Tahun kemarin kita juara. Persiapan kurang lebih kita membutuhkan waktu dua bulan, kita koordinasi dengan ketua RW, tokoh masyarakat, dan para budayawan, serta seniman yang ada di Kelurahan Mustikajaya,” ungkap Adhie-sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Festival Adu Bedug dan Dondang

Camat Mustikajaya, Jaya Eko Setiawan menambahkan, pihaknya bersyukur atas suksesnya acara ini. Ia mengaku, masyarakat yang berpartisipasi yang hadir di luar ekspektasi.

Peserta mengangkat dondang di Jalan Raya Mustikajaya, Minggu (21/5/2023). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

 

Sementara itu, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, dirinya mengaku bangga dan salut atas partisipasi para warga dan seluruh pihak yang telah bekerja keras mewujudkan acara yang menjunjung tinggi seni dan budaya terutama khas Betawi ini.

“Luar biasa antusias warga Mustikajaya dan sekitarnya yang telah datang meramaikan festival ini, terbukti dengan ramainya lapangan dari segala sisi, barat, timur, utara, dan selatan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan festival ini,” ungkapnya.

Festival Adu Bedug dan Dondang yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya merupakan bagian dari kearifan lokal dari wilayah Mustikajaya. Pada Sabtu (20/5/2023), telah diselenggarakan pertunjukan Wayang Golek dan Pencak Silat.

“Mulai dari tadi malam, bagaimana anak anak mempersembahkan berbagai perguruan Pencak Silat di Kota Bekasi untuk mereka tampil dan berkolaborasi menunjukan teknik-teknik kemampuannya,” ungkap Mas Tri di lokasi acara.

Untuk perbedaan tahun ini dengan tahun lalu, Mas Tri menjelaskan warga yang tampil seluruhnya dari berasal Kota Bekasi.

“Perbedaanya yang tampil betul betul orang Bekasi, tahun lalu Goleknya kita ngambil dari Karawang. Alhamdulilah hari ini kita bisa ngambil dari Jatisampurna, Kranggan,” bebernya.

Ia menambahkan, Festival Adu Bedug dan Dondang telah diperkenalkan di tingkat nasional saat acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022 yang berlangsung di Padang. Ia berharap, tahun depan bisa digelar lebih sukses. Tak lupa, Mas Tri menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan acara ini. (rez)

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin