Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Bupati Dorong Perkuat Pendidikan Karakter Al-Quran

PESERTA WISUDA: Sejumlah santri dan para penghafal Al Quran mengikuti wisuda Qur'an SMPIT - SMAIT Thariq Bin Ziyad Boarding School Tahun Pelajaran 2022/2023, di Perumahan Grand Cikarang City, Karangraharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (28/5). DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengharapkan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad dapat menjadi sekolah terkemuka untuk mendidik dan memperkuat pendidikan karakter Al-Quran.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan wisuda Quran SMPIT – SMAIT Thariq Bin Ziyad Boarding School Tahun Pelajaran 2022/2023, di Perumahan Grand Cikarang City, Karangraharja, Cikarang Utara, Minggu (28/5).

“Saya berharap, LPIT Thariq Bin Ziyad menjadi yang terkemuka untuk mendidik secara dini, baik di tingkat SMP dan juga SMA. Karena di usia tersebut adalah masa perkembangan yang sangat menentukan karakter generasi masa depan,” ujar Dani.

Ia mengatakan, LPIT Thariq Bin Ziyad merupakan Sekolah Islam terpadu dimana anak-anak tidak hanya mempelajari ilmu agama dan umum saja, tetapi juga mempunyai target hafalan Al-Quran setiap tahunnya.

“Saya kira ini hal yang positif, dengan diisi karakter Al-Quran, mudah-mudahan mereka apapun profesinya kedepan, baik ulama, insinyur, dokter, pejabat negara dan sebagainya, sudah dilandasi oleh karakter Al-Quran yang kuat,” ucapnya.

Selain itu, Dani menilai, dengan kehadiran sekolah- sekolah pesantren di Kabupaten Bekasi, seperti LPIT Thariq Bin Ziyad ini, bisa memperkuat juga nama besar Kabupaten Bekasi di ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Al-Hadist (STQH) dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Saya kira sumber-sumber hafidz dan qori-qoriah itu ya dari pesantren pesantren seperti ini. Karena mereka sangat intensif. Apalagi pada MTQ nanti, ada lomba dalam pemahaman kitab kuning yang semua bersumber dari pesantren-pesantren seperti ini,” terang Dani.

Sementara itu, Direktur LPIT Thariq Bin Ziyad, Adih Amin menjelaskan, dari ratusan siswa yang mengikuti wisuda, baik dari SMPIT dan SMAIT, 92 persen mereka lulus dan bersertifikasi.

“Tahun lalu tingkat kelulusan kami mencapai 80 persen, dan tahun ini 92 persen. Mudah-mudahan tahun depan bisa mencapai 100 persen,” harapnya.

Adih juga menyampaikan, Thariq Bin Ziyad sendiri merupakan lembaga pendidikan islam terpadu yang membawahi enam unit sekolah, baik yang full day maupun yang boarding school (pesantren).

Dengan tujuan mewujudkan generasi rabbani yang memiliki kekuatan dan karakter generasi berakidah lurus, berakhlak mulia, cerdas, terampil, sehat, kreatif dan dinamis.

“Jadi, di LPIT Thariq Bin Ziyad ini kami punya simbol empat, yakni akhlak, Alquran, akademik dan bahasa. Tentu kami berharap, bisa menjadi kontribusi khusus dibidang pendidikan,” tandas Adih. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin