Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

PLN UPT Karawang Sosialisasi Manfaat dan Bahaya Listrik ke Sekolah serta Warga Sekitar

FOTO BERSAMA: Tim PLN UPT Karawang foto bersama dengan siswa setelah sosialisasi manfaat dan bahaya listrik. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seiring dengan kemajuan zaman dan pesatnya pembangunan industri di Indonesia, khususnya Kabupaten Karawang menyebabkan semakin banyaknya jalur transmisi listrik untuk melayani kebutuhan konsumen, baik industri atau Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) maupun masyarakat.

Hal ini tentunya menuntut PLN untuk memberikan pelayanan terbaik dari sisi kehandalan sistem. Sedangkan di sisi lain semakin padatnya permukiman dan beragamnya aktivitas masyarakat yang berada di sekitar jalur transmisi tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi insan PLN untuk tetap menjaga kehandalan sistem, salahsatunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat secara berkelanjutan agar hal yang bisa berisiko terhadap kehandalan sistem bisa diminimalisir akibat ketidaktahuan dari masyarakat itu sendiri.

Maka dari itu insan PLN secara rutin melaksanakan kegiatan edukasi manfaat dan bahaya listrik, diantaranya:

Selasa, 7 Februari 2023, PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Karawang, melaksanakan kegiatan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik di Aula SMK Jayabeka 01 Karawang yang beralamat di Jalan Proklamasi No 98 Tanjung Mekar Kabupaten Karawang.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah tetap sama secara konsisten untuk memberikan informasi dan edukasi tentang hal-hal yang wajib diketahui oleh masyarakat. Seperti apa saja manfaat listrik bagi masyarakat dan apa saja bahaya listrik yang wajib diketahui,  karena permukiman yang berdekatan dengan instalasi listrik SUTT 150 KV Penghantar Sukatani – Kosambi Baru sehingga sangat penting informasi ini diketahui oleh masyarakat untuk menjaga kehandalan sistem penyaluran energi listrik dan menciptakan keselamatan dan rasa aman.

Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan di sekitar area tower dan saluran kawat Transmisi seperti: bermain layang – layang apalagi menggunakan kawat atau ekor panjang, aktivitas di tapak tower seperti bermain, bertani, mendirikan bangunan permanen, pencurian besi siku, memanjat tower serta menanam pohon yang berpotensi tumbuh tinggi karena berbahaya untuk keselamatan jiwa dan tentunya dapat mengganggu kehandalan penyaluran energi listrik yang sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat untuk menunjang kebutuhan hidup dirumah, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit maupun di kawasan industri.

Kamis, 2 Maret 2023, PT PLN (Persero) UPT Karawang kembali melaksanakan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik kepada siswa SMKN 1 Karawang yang beralamat di Jalan Pangkal Perjuangan RT 05 RW 04 Desa Tanjungpura Karawang Barat, wilayah tersebut dilewati oleh jalur SUTT 150 KV Kosambi – Sukatani.

Sama halnya dengan dengan kegiatan di semua lokasi, kegiatan ini mempertegas komitmen PLN dalam upaya mengedukasi masyarakat agar terwujud masyarakat yang cerdas dengan pemberian informasi yang sesuai dan membangun kepedulian masyarakat dalam rangka menjaga asset PLN agar tetap berdiri kokoh dan aman sehingga manfaat besar energi listrik ini bisa terus dinikmati setiap waktu oleh seluruh masyarakat.

Selasa, 4 April 2023, PT PLN (Persero) UPT Karawang kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik di SMPN 2 Klari yang beralamat di Jalan Raya Industri Desa Curug Kecamatan Klari Kabupaten Karawang yang memang berada di sekitar jalur SUTT 150 KV Penghantar Tatajabar  Kosambi Baru.

Disini PLN memberikan edukasi kepada para siswa dan guru perihal instalasi listrik yang ada di sekitar sekolah sehingga mereka mendapatkan pemahaman yang benar perihal apa saja hal yang bisa mereka lakukan dalam rangka menjaga instalasi milik PLN serta aman dari kecelakaan masyarakat umum yang beraktivitas di sekitar instalasi.

Kepala SMPN 2 Klari, Dudi, menyambut baik kegiatan PLN ini karena dapat menambah wawasan para guru dan siswa dalam hal kelistrikan untuk menciptakan rasa aman dan selamat.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Karawang, Stefanus Yan Kurniawan, menyampaikan kegiatan manfaat dan bahaya listrik tersebut dilaksanakan di semua wilayah kerja PLN UPT Karawang yang meliputi sebagian Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

”Secara berkala kami keliling ke setiap wilayah yang menjadi leading sector kami khususnya yang berdekatan dengan Aset Transmisi dan kegiatan ini dilaksanakan oleh Biro K3 Keamanan dan Lingkungan beserta bidang terkait lainnya dengan tujuan mengedukasi masyarakat sehingga bisa menciptakan masyarakat yang aman di sekitar instalasi PLN,” ucap Stefanus. (*)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin