Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Metland Optimis Bisa Capai Target Marketing Sales Rp1,8 Triliun  

Dari Kiri-Kanan: Direktur Metland, Nitik Hening; Direktur Metland, Wahyu Sulistio; Direktur Metland, Olivia Surodjo; Presiden Direktur Metland, Anhar Sudradjat; Direktur Metland, Santoso; dan Direktur Metland, Andi Surya Kurnia, asyik berbincang usai konferensi pers RUPST Metland di Hotel Horison Ultima Bekasi, Jumat (9/6/2023). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland berhasil mencatatkan kinerja positif. Pada tahun buku 2022 Metland memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp1,385 triliun atau tumbuh 15,5 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp1,199 triliun.

Sementara,  laba bersih Metland  sebesar Rp395 miliar atau tumbuh  6,26 persen dibandingkan periode yang sama sebesar Rp372 miliar.

“Tahun 2022 dapat dilalui dengan peningkatan pendapatan, seiring dengan semakin terkendalinya pandemi Covid-19,” jelas Presiden Direktur Metland, Anhar Sudradjat saat konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk melaporkan performa tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

RUPST yang berlangsung Jumat (9/6/2023) di Hotel Horison Ultima Bekasi ini dihadiri oleh dewan komisaris dan direksi perseroan. RUPST  mencakup empat agenda; persetujuan laporan tahunan termasuk pengesahan laporan keuangan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris tahun buku 2022, kedua, penetapan penggunaan laba perseroan tahun buku 2022, penunjukan akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan tahun buku 2023 dan penentuan gaji, honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota dewan komisaris dan direksi.

Lebih lanjut disampaikan Anhar, kontribusi masing-masing bidang usaha Metland terhadap total pendapatan adalah 68 persen dari penjualan real estate dan 32 persen dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain.

Hasil kinerja  2022 Metland kembali membagikan dividen kepada 7.655.126.330 pemegang saham. Dalam rapat menyetujui sekitar 20 persen laba bersih atau sebesar Rp10,3 per lembar saham untuk dibagikan sebagai dividen tunai sedangkan Rp2 miliar dialokasikan sebagai dana cadangan.

“Sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja perseroan,” jelas Anhar.

BACA JUGA: Metland Catat Pendapatan Usaha Tumbuh 30 Persen di Kuartal Satu 2023  

Pengembangan Proyek Berjalan

Masuk dalam agenda  2023 Metland terus melakukan pengembangan pada unit residensial berjalan dan mempersiapkan proyek residensial baru sebagai proyek pengganti beberapa proyek berjalan yang akan habis. Salah satunya yaitu Metland Cikarang yang mengedepankan konsep pengembangan eco living.

“Konsepnya akan eco living, jadi akan ramah lingkungan. Kita ingin melanjutkan yang lebih baik dari di Metland Cibitung sebelumnya,” ujar Direktur Metland, Nitik Hening dalam kesempatan yang sama.

Menurut Nitik, Metland Cikarang akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini. Proyek ini dikembangkan di atas lahan seluas sekitar 160 hektare.

Rencananya, perseroan akan membangun jembatan di atas Kali CBL yang menghubungkan antara Metland Cikarang dengan Metland Cibitung. Nitik menyebut, segmen pasar Metland Cikarang di bawah Metland Cibitung.

“Untuk segmen nempel di bawah Metland Cibitung. Mungkin harga Rp500 jutaan. Untuk Metland Cibitung kan kita sudah bermain Rp700 juta ke atas,” kata Nitik.

Metland juga melanjutkan pemasaran pada produk residensial yang sudah berjalan seperti Metland Transyogi yang meluncurkan New Forster yang dilengkapi kolam renang serta Ivory yang terletak di bulevar, Metland Cibitung memasarkan rumah dua lantai di dalam cluster Havana, Metland Cileungsi memasarkan produk tipe Senna dan cluster The Northbend tahap 3 Metland Cyber Puri yang mulai dipasarkan pada awal kuartal II.

Pada proyek komersial, commercial block di Metland Cyber Puri yaitu One District at Puri dengan anchor tenant fashion asal Jepang Uniqlo mulai beroperasi pada 26 Mei 2023. Masyarakat sangat antusias dengan adanya Uniqlo pertama di Indonesia dengan konsep Neighborhood Store, antrian sudah terlihat panjang sejak sebelum pembukaan toko yang dimulai pada pukul 06.00 WIB. Beberapa tenant F&B di One District at Puri menyusul segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Kehadiran One District at Puri disambut meriah menjadi destinasi baru karena tidak ada commercial block serupa di sekitar proyek,” ungkap Direktur Metland, Olivia Surodjo.

BACA JUGA: Laba Metland Naik, Didorong Kenaikan Pendapatan Berulang

Metland juga telah menambah satu unit usaha baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud yang berlokasi di Bali yang dilengkapi dengan fasilitas Ume Coffee & Dining Resto dan Day Club. Pada 2023 Metland menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp1,8 triliun.

Hingga April 2023, pendapatan perseroan versi marketing sales mencapai sebesar Rp481 miliar atau 27 persen dari target 2023. Pendapatan tersebut disumbang dari penjualan properti sebesar Rp321 miliar dan pendapatan berulang sebesar Rp160 miliar.

“Sumbangan kenaikan dari pendapatan berulang sebesar 25 persen dibanding tahun lalu karena pelonggaran aturan pandemi sejak akhir tahun lalu membuat aktivitas luar ruang kembali normal bahkan peningkatan okupansi hotel sudah lebih baik dibandingkan tahun 2022, meskipun belum kembali seperti sebelum pandemi,” ujar Olivia.

“Kami optimis untuk bisa capai target  2023 ini,” tutup Olivia. (oke)

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin