Berita Bekasi Nomor Satu

Pembangunan PDN Ditargetkan Rampung 2024

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan, pembangunan data center atau Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Kabupaten Bekasi dan Batam (Kepulauan Riau), sudah mulai berjalan.

Untuk pembangunan PDN di Cikarang, Kominfo berharap bisa rampung sebelum Oktober tahun 2024.

“Kami targetkan pemerintah punya data center. Saat ini sudah ready (siap) ada dua wilayah, yaitu Bekasi dan Batam. Untuk PDN di Cikarang, diharapkan sebelum Oktober tahun depan sudah diresmikan,” ucap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Samuel A. Pangarepan, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Semmy ini menjelaskan, untuk pembangunan PDN di Batam, saat ini masih dalam proses tender. Rencananya, PDN Batam akan selesai dibangun pada tahun 2025.

Semmy menambahkan, ada empat lokasi PDN yang sudah ditetapkan, yakni di Cikarang, Batam, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Labuan Bajo (NTT).

“Untuk di IKN dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kami masih melakukan analisis lokasi, karena pertimbangan tentang kesiapan lahannya,” terang Semmy.

Ia mengatakan, pembangunan PDN merupakan salah satu upaya untuk melakukan efisiensi pengelolaan data center yang kini tersebar di 2.700 pusat data. Pasalnya, setiap lembaga pemerintah menyiapkan fasilitas pusat data sendiri, sehingga terjadi pemborosan.

“Kami melakukan assessment (penilaian). Semua instansi berlomba-lomba untuk menyiapkan komputerisasi dan digitalisasi, sehingga harus menyiapkan ruangan server, jadilah data center. Oleh karena itu, Kominfo melakukan penyederhanaan sistem ini, menjadi satu pusat data,” beber Semmy.

Lanjutnya, untuk saat ini, Kominfo menggunakan PDN sementara, bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia, sambil menunggu pembangunan PDN selesai. Dijelaskannya, ada 75 kementerian dan lembaga, 20 provinsi, 169 kabupaten dan 59 kota yang menggunakan PDN sementara tersebut. (net)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin