Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Rekomendasi Pondok Pesantren di Bekasi

ILUSTRASI: Santri Pondok Pesantren Attaqwa Babelan tadarus Al-Qur’an, beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Pondok Pesantren telah menjadi pilihan utama bagi banyak orangtua yang ingin anak-anaknya mendalami ilmu agama secara mendalam. Di Bekasi, ada beberapa rekomendasi Pondok Pesantren yang bisa dipertimbangkan karena telah terbukti memberikan pendidikan agama yang berkualitas serta mengembangkan karakter islami yang kuat pada para santrinya.

Dengan lingkungan yang kondusif dan kurikulum yang holistik, Pondok Pesantren di Bekasi ini menjadi pilihan cerdas bagi masa depan agama dan pendidikan anak-anak.

 

  1. Pondok Pesantren Attaqwa

Pondok Pesantren Attaqwa terdiri dari Putra dan Putri. Dikutip dari https://attaqwaputra.sch.id/, Pondok Pesantren Attaqwa Putra didirikan oleh Sang Singa Karawang Bekasi, Al-Maghfurlah Kiai Haji Noer Ali sejak 1940.

Pondok Pesantren Attaqwa Putra memiliki jenjang pendidikan mulai dari Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Tahfiz. Berlokasi di Jalan Ujung Harapan Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Ponpes Attaqwa menggunakan kombinasi antara Kurikulum Pemerintah dengan Kurikulum Luar Negeri (Cambridge & Al-Azhar Mesir) serta Kurikulum Pondok.

Sedangkan Pondok Pesantren Putri, dikutip dari https://attaqwaputri.sch.id/, lembaga pendidikan Islam ini sepenuhnya didedikasikan untuk mendidik anak perempuan menjadi generasi yang benar, pintar, terampil, dan disiplin. Pondok Pesantren Putri memiliki jenjang pendidikan mulai dari MTs. MA, dan Ma’had Aly Attaqwa. Lokasi Pondok Pesantren Putri tidak jauh dari Pondok Pesantren Putra.

 

  1. Pondok Pesantren Al-Muchtar

Pondok Pesantren Al-Muchtar memiliki jenjang pendidikan mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT, Pondok Pesantren, dan SMAIT, dikutip dari https://www.almuchtar.info/profil/kegiatan-pramuka. Pondok Pesantren Al-Muchtar berlokasi di Jalan Kiai Haji Muchtar Tabrani Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.

Pondok Pesantren Al-Muchtar dilengkapi dengan berbagai kegiatan untuk menunjang perkembangan santri. Mulai dari kegiatan pengembangan diri, outing, olahraga, dan masih banyak lagi.

 

  1. Pondok Pesantren Fatahillah

Pondok Pesantren Fatahillah merupakan salah satu pesantren Nahdlatul Ulama yang ada di Bekasi, dikutip dari https://psb.ppfatahillah.com/. Santri di Pondok Pesantren ini difokuskan untuk mempelajari kitab-kitab klasik agama Islam.

Selain itu, tersedia juga sekolah formal mulai dari jenjang MTs dan MA. Lokasi Pondok Pesantren Fatahillah di Jalan Asem Jaya Gang Bungur Kelurahan Mustikajaya Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi.

 

  1. Pondok Pesantren Al-Ikhwan

Di bawah naungan Yayasan Qaulan Tsakila, Pondok Pesantren Al-Ikhwan pada 2007. Pondok Pesantren Al-Ikhwan fokus pada pembinaan santri dari kalangan yatim dan dhuafa. Sehingga santri di sini tidak dikenakan biaya untuk pembelajarannya alias gratis. Keseluruhan biaya ditanggung oleh pihak yayasan. Pondok Pesantren Al-Ikhwan berlokasi di Kampung Lubang Buaya Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

 

  1. Pondok Pesantren Hidayatunnajah

Pondok Pesantren Hidayatunnajah didirikan pada 1989 oleh Ustaz Mahrus Amin. Lalu pada 2008 resmi berganti menjadi Pesantren Hidayatunnajah, dengan beberapa perubahan pada kurikulum, tata tertib, manhaj (kaidah-kaidah dan ketentuan yang digunakan pada setiap pelajaran ilmiah).

Pondok Pesantren Hidayatunnajah memilili jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, MTs, MA, I’dad Muhafizhat dan I’dad Mu’alilmil Lughah Al-Arabiyyah (Diploma 2/D2), hingga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah (setara S1). Lokasinya berada di Jalan Raya  Pebayuran Desa Kertasari Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. (oke/mg1)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin