Berita Bekasi Nomor Satu

Menparekraf Dorong Mahasiswa dan Pemuda untuk jadi Pengusaha

SAMPAIKAN MATERI: Menparekraf, Sandiaga Uno, saat menyampaikan materi dalam kegiatan Bekasi Entrepreneurship Festival di UNISMA Bekasi, akhir pekan lalu.   ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bekasi Entrepreneurship Festival yang diselenggarakan di Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi akhir pekan lalu, terasa lebih meriah. Kegiatan tahunan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Sandi mendorong para mahasiswa UNISMA Bekasi khususnya, dan kaum muda di kota Bekasi berperan aktif memperkuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bekasi dengan tidak ragu untuk menjadi seorang pengusaha.

Menurutnya, Indonesia patut berbangga bahwa Ekonomi Kreatif nusantara ini menduduki peringkat ketiga dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel). Hal ini menjadi potensi besar untuk mengembangkan dan mempromosikan lebih banyak lagi ke dunia internasional.

“Amerika (AS) maju dengan ekonomi kreatifnya yaitu Hollywood. Lalu Korea Selatan (Korsel) dengan Drakor dan K-POP nya. Nah, Indonesia maju dengan ekonomi kreatif Drahor (Drama Horor) dan D-Kop (Dangdut Koplo). Mari kita semua para anak-anak muda terus mempromosikan secara lebih massif lagi. Saya percaya 10 tahun lagi kita bisa menduduki peringkat ekonomi kreatif ke-2,” terang pria berkacamata ini.

BACA JUGA: UKM Pusaka UNISMA Bekasi Tingkatkan Nilai Pancasila

Sandi juga menyebut ada lima kriteria menjadi pengusaha yang sukses salah satunya yakni selalu berinovasi.”Saya ingin titip lima kriteria penting untuk jadi pengusaha sukses. Yang pertama, inovatif. Sesuatu harus baru, sesuatu harus beradaptasi, bekerja sama,” tegasnya.

Sandi menekankan perlunya juga gotong royong dan kerjasama dalam membuka usaha, karena tidak sedikit orang yang tidak ingin melakukan kolaborasi. “Kolaborasi, gotong royong. Itu adalah cara kita untuk mampu meningkatkan  UMKM ke depan,” sambungnya.

Bekasi Entrepreneurship Festival ini merupakan kolaborasi kerjasama antara Forum UMKM Berdaya (FUB)  dan UNISMA Bekasi. “UNISMA Bekasi memiliki konsen bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Unisma Bekasi sering mengadakan kegiatan-kegiatan entrepreneurship, baik event internal kampus maupun melalui kolaborasi-kerjasama seperti hari ini,” timpal Rektor UNISMA Bekasi, Hermanto.

Kegiatan ini juga diisi dengan business plan competition, boot camp, pitch deck dan bazaar UMKM. Peserta yang lolos akan mendapatkan pendampingan usaha dari Forum UMKM Berdaya serta total hadiah senilai Rp100 juta. (mif)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin