Berita Bekasi Nomor Satu

Pembelian Beras Premium Dibatasi

ILUSTRASI:Seorang warga memilah beras premium di Kawasan Rawalumbu, Kota Bekasi, belum lama ini. Kebijakan pembatasan pembelian beras premium dilakukan sejumlah toko retail. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Terbatasnya pasokan hingga melonjaknya harga beras membuat pembelian beras premium di sejumlah toko ritel dibatasi maksimal 10 kilogram per hari. Kebijakan itu juga diterapkan salah satu minimarket di Perumahan Taman Narogong Indah, Rawalumbu, Kota Bekasi.

“Sudah lama (pembelian dibatasi), kira – kira setelah lebaran kemarin, karena stoknya menipis,” ujar Fahmi, salah satu pegawai minimarket, Kamis (5/10).

Masyarakat yang ingin membeli lebih dari 10 kilogram, harus izin terlebih dahulu ke kepala toko ritel tersebut. “Bisa beli lebih diatas 10 kilogram per hari, tapi harus izin dulu ke kepala tokonya, tapi kita gak tau berapa batasnya,” kata dia.

Pantauan Radar Bekasi di toko ritel Perumahan Taman Narogong tersebut, ada beberapa tumpukan beras premium kemasan 5 kilogram, namun tidak tertulis batas maksimal pembelian beras.

Sementara di sejumlah toko beras, untuk beras premium juga mengalami kenaikan harga. Bahkan pedagang lebih memilih menjual beras dengan sistem eceran atau per liter tidak dengan kemasan khusus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi, Robet TP Siagian mengatakan kebijakan pembatasan pembelian beras merupakan inisiatif atau kebijakan manajemen toko ritel itu sendiri.

Dirinya mengungkapkan, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dipastikan stok beras dalam negeri masih dalam posisi aman. Ketersediaan beras di gudang Perum Bulog mencapai 1,7 juta ton untuk bulan Oktober.

Jumlah cadangan beras ini akan meningkat 2 juta ton pada November mendatang.”Jika melihat ketersediaan beras Perum Bulog sebesar 1,7 juta ton beras untuk Oktober dan 2 juta ton beras pada November,” kata Robert dalam keteranganya yang dikutip Kamis, (5/10).

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan bantuan pangan senilai Rp 8 triliun. Bantuan ini akan menyasar 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Lebih lanjut Robet menjelaskan bahwa skema pembatasan pembelian beras di toko ritel tersebut dikhususkan pada beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang digelontorkan oleh Perum Bulog.

“Untuk jenis beras yang dibatasi 2 pack di pasar ritel, hanya berlaku untuk beras SPHP yang dari Bulog,”tambahnya.

Adapun, untuk pembatasan pembelian beras komersial diserahkan ke masing-masing ritel. Dengan kata lain, pemerintah tidak akan melakukan intervensi pasar.

“Kalau untuk beras komersial, itu tergantung dari kebijakan ritel masing-masing,” kata dia

Robet menerangkan, bahwa pembatasan pembelian beras SPHP yang berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ini merupakan strategi pemerintah untuk memperluas jangkauan penyaluran. Hal ini sebagaimana arahan Presiden Jokowi untuk memudahkan jangkauan masyarakat.

“Perlu dipahami beras SPHP ini berasal dari CBP yang digelontorkan secara luas ke masyarakat demi stabilisasi pasokan dan harga. Ini juga merupakan arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang memerintahkan agar beras pemerintah disalurkan secara masif,” jelas dia.

Dikatakan Robert kondisi stok beras di Kota Bekasi masih tergolong aman hingga saat ini. Namun pihaknya tetap akan rutin mengecek ketersediaan stok beras di pasaran.

Dalam menjaga stabilitas stok beras, Pemkot Bekasi berpedoman pada instruksi Pemerintah Pusat melalui Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras.

Dijelaskan, instruksi ini dikeluarkan dengan pertimbangan bahwa untuk menjaga keterjangkauan harga beras di tingkat konsumen, pemerintah melakukan stabilisasi pasokan dan harga beras melalui penetapan harga eceran tertinggi beras.

“Dari intruksi ini Pemkot Bekasi menindaklanjutinya dengan memantau ketersediaan beras di pasaran. Namun apabila terjadi kelangkaan Beras maka Pemerintah Kota Bekasi bekerjasama dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar,” pungkasnya.(rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin