Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Sertifikat Green Building EDGE Advanced Bukti Auto2000 Diler Ramah Lingkungan dan Dukung Pemerintah Wujudkan SDGs

FOTO BERSAMA: Sejumlah jajaran manajemen Auto2000 foto bersama di depan dealer ramah lingkungan Auto2000 Wahid Hasyim, Rabu (25/10/2023). FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Auto2000 Wahid Hasyim dan Auto2000 BSD City berhasil meraih Sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia. Prestasi ini menegaskan komitmen Auto2000 sebagai diler ramah lingkungan sekaligus bukti dukungan kepada pemerintah untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal ini menjadi pencapaian luar biasa bagi Auto2000 sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia. Sebab, di industri otomotif sertifikat ini baru diperoleh dua diler jaringan Auto2000.
EDGE merupakan kepanjangan dari Excellence in Design for Greater Efficiencies dari International Finance Corporation (IFC), bagian dari World Bank Group.

Lembaga independen ini menerapkan kegiatan dan mengembangkan prinsip-prinsip ‘hijau’ ke dalam rancangan, pembangunan, serta pengoperasian bangunan dan lingkungan sekitar. Sehingga, sebuah bangunan atau gedung dapat lebih ramah lingkungan, hemat energi, serta mengurangi dampak pencemaran dan polusi.

Program EDGE bertujuan untuk mendorong pembangunan bangunan yang lebih berkelanjutan dan hemat energi di seluruh dunia. Sertifikat EDGE diberikan kepada bangunan yang memenuhi kriteria tertentu dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi.

Proses sertifikasi melibatkan evaluasi terhadap desain bangunan yang mencakup faktor-faktor seperti isolasi termal, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan alami, manajemen air, dan lain-lain.

Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), bangunan gedung diperkirakan mengonsumsi lebih dari sepertiga sumber daya yang ada di dunia, 12 persen dari total air bersih yang ada, dan menyumbang hampir 40 persen dari total emisi di bumi.

Berdasarkan Sertifikat Green Building EDGE Advanced, Auto2000 Wahid Hasyim dan Auto2000 BSD City berhasil menekan penghematan energi. Penghematan energi dicapai melalui penggunaan lampu-lampu yang hemat energi, instalasi on grid PV Solar Panel pada atap gedung, dan kontrol penggunaan daya listrik dalam gedung yang terintegrasi.

Auto2000 Wahid Hasyim telah memenuhi kriteria efisiensi sumber daya pada bangunan berupa air, energi dan mineral pada level 2, yaitu Edge Advanced dengan tingkat energy saving mencapai 40 persen.

Perinciannya untuk Auto2000 Wahid Hasyim adalah, 41 persen untuk energy saving yang dinilai dari efisiensi konstruksi bangunan, seperti efisiensi sistem pendingin dan lampu gedung.

Berikutnya adalah 38 persen untuk Water Saving yang dinilai dari efisiensi penggunaan air di toilet, dapur, dan pencucian kendaraan, sementara yang terakhir adalah 38 persen untuk Less Embodied Energy in Materials di mana yang dinilai adalah efisiensi dalam penggunaan material bangungan.

Kemudian untuk Auto2000 BSD City mendapatkan penilaian 48 persen untuk Energy Saving, 38 persen untuk Water Saving, dan terakhir 65 persen efisiensi dalam penggunaan material bangunan.

“Pemberian Edge Advanced Certificate dari Green Building Council Indonesia. Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) juga sejalan dengan tujuan ASTRA 2030 Sustainability Aspiration,” ujar Human Capital & General Services Division Auto2000, Zuriaty, di Auto2000 Wahid Hasyim, Rabu (25/10/2023).

SOLAR PANEL: Solar panel terpasang di atap diler Auto2000 Wahid Hasyim, Rabu (25/10/2023). FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

Selama ini, Auto2000 telah mengimplementasikan berbagai upaya pelestarian lingkungan secara mandiri. Di antaranya, pemasangan solar panel di 45 cabang Auto2000 untuk menghasilkan tenaga listrik sendiri dalam menekan jejak karbon, dan biaya operasional dari penggunaan listrik.

“Sampai akhir 2023 ini, kami targetkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bisa terinstal di 60 cabang Auto2000 di Indonesia,” ucap Zuriaty.

Selain itu, Auto2000 juga telah aktif terlibat dalam program penanaman 4.000 bibit pohon mangrove, dengan target kontribusi pengurangan emisi gas CO2 sebesar 266,53 ton pada tahun 2030.

Auto2000 telah melakukan pengelolaan limbah berbahaya bengkel, baik limbah cair maupun gas, dengan baik dan dipastikan aman bagi lingkungan di sekitar cabang Auto2000.

Auto2000 juga membina masyarakat sekitar dealer dengan program Kampung Berseri Astra. Kegiatan yang dilakukan seperti membangun bank sampah, membina kemandirian berwiraswasta, meningkatkan kesehatan keluarga khususnya ibu dan anak, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada tenaga pendidik untuk upaya Sekolah Adiwiyata serta membangun sarana pendukung pembelajaran.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Tak berhenti sampai situ, dari sisi industri, Auto2000 terus mendukung pertumbuhan populasi mobil listrik, yaitu dengan menyediakan EV Charging Station atau SPKL (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik) khusus mobil Toyota dan Lexus, di dealer Auto2000 seluruh Indonesia.

Per September 2023, sudah tersedia 30 charging station di wilayah Jabodetabek dan beberapa daerah di Indonesia, mulai dari Auto2000 Wahid Hasyim / GSO, Auto2000 BSD City, Auto2000 Bintaro Jaya, Auto2000 Yos Sudarso, dan Auto2000 Juanda.

“Hingga 2024 nanti direncanakan akan terbangun sampai 100 Charging Station mobil listrik yang berlokasi di cabang-cabang Auto2000,” ujarnya.

Mudah prosesnya. Pemilik mobil listrik Toyota atau Lexus, bisa langsung datang saja ke cabang Auto2000 yang sudah terpasang EV Charging Station, saat baterai mobil listriknya butuh pengisian ulang. Customer tinggal melaporkan kebutuhannya ke petugas yang ada di cabang, dan akan langsung dibantu untuk pengisiannya menggunakan kartu RFID. Terpenting adalah tidak dikenakan biaya.

Uji Emisi Gratis dan Mobil Sehat Auto2000

Mendukung program pemerintah, Auto2000 membuka layanan uji emisi gratis sampai 31 Desember 2023 di 22 workshop Auto2000 di wilayah DKI Jakarta yaitu, Tebet Supomo, Tebet Saharjo, Wahid Hasyim, Yos Sudarso, Kelapa Gading, Cempaka Putih, Garuda, Salemba, Jayakarta, Puri Kembangan, Pluit, Daan Mogot, Kapuk, Kramat Jati, Kalimalang, Pramuka, Lenteng Agung, Permata Hijau, Cilandak, Krida, Ciledug, dan Radio Dalam.

Selain itu, demi mendukung penurunan emisi, Auto2000 juga mendorong AutoFamily untuk secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan, melakukan service kendaraannya. Pasalnya kondisi mesin mobil yang sehat, berimbas pada emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan juga terkontrol, dan bisa lulus uji emisi yang ditetapkan oleh pemerintah. Urusan Toyota lebih mudah, uji emisi gas buang juga merupakan bagian dari tahapan servis berkala yang dijalankan oleh Auto2000.

Lalu ada juga Program T-Care yaitu gratis Biaya Jasa Service (Free Labor) dan Bebas Biaya Suku Cadang (Free Parts) sampai dengan Servis Berkala ke-7 (maks. 3 tahun/ 60.000 km), serta keuntungan perpanjangan Toyota warranty (extended warranty) 1 tahun/ 20.000 km pada model kendaraan tertentu, dengan syarat servis pertama maksimal 1 bulan / 1.000 km dilakukan.

Selain itu untuk mobil LCGC tersedia juga T-Care Lite dengan gratis biaya Jasa. Gratis biaya jasa dan part service berkala ini merupakan hak bagi setiap pembeli mobil baru Toyota, segera booking untuk memperolehnya di bengkel Auto2000.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 sebagai member of Astra berupaya untuk bisa terus mendukung urusan mobilitas AutoFamily, untuk menjaga mobil tetap sehat dan ramah bagi lingkungan,” tegas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara. (oke)

MEMANTAU: Service Head Auto2000 Wahid Hasyim, Daniel Ramaun, memantau mekanik melakukan penggantian oli kendaraan milik AutoFamily di bengkel Auto2000 Wahid Hasyim, Rabu (25/10/2023). FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

Solverwp- WordPress Theme and Plugin