Berita Bekasi Nomor Satu

Komitmen Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan

KOMPAK: Jajaran pimpinan dan staf UPTD Puskesmas Durenjaya saat berfoto bersama.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mutu pelayanan kesehatan Puskesmas kepada masyarakat sedang terus ditingkatkan. Melalui survei akreditasi yang kelar dilaksanakan kemarin, jajaran UPTD Puskesmas Durenjaya berharap mampu meningkatkan mutu pelayanan sehingga kepuasan masyarakat atas kinerja mereka dapat meningkat.

Kepala UPTD Puskesmas Durenjaya, drg. Ria Joesriati mengatakan bahwa dukungan dari semua pihak sangat membantu upaya peningkatan mutu dan kepuasan terhadap layanan kesehatan. Pihaknya optimis akreditasi kali ini akan membuahkan hasil maksimal.

“Alhamdulillah hari ini semua mendukung, mulai dari kepala Dinkes, Camat, Lurah, ketua Forum Kota Sehat, serta yang lainnya,” ungkapnya.

Survei akreditasi berlangsung pada tanggal 30 Oktober, 1 dan 2 November. Hari pertama dilaksanakan secara daring, dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) 4.

Hari kedua survei dilaksanakan secara langsung atau Luring, diawali dengan evaluasi survei hari pertama. Survei dilanjutkan dengan mendatangi Posyandu Bunga Tanjung yang terletak di RW 13, serta Posbindu lingkungan yang sama guna mengetahui pelayanan kesehatan di luar gedung yang telah dilaksanakan selama ini.

Kegiatan lain pada hari kedua ini adalah telusur dokumen dan pelayanan di Puskesmas, dilanjutkan dengan berbagai simulasi untuk mendukung keselamatan pasien.

Hari terakhir kemarin diawali dengan pemaparan hasil survei hari sebelumnya, kali ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinkes Kota Bekasi. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan wawancara lintas sektor.

Nampak hadir Camat Bekasi Timur, Lurah Durenjaya, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua Forum Kota Sehat, Ketua Forum Kecamatan Sehat, perwakilan Rumah Sakit (RS) dan lembaga pendidikan, kader posyandu, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Kantor Urusan Agama (KUA), UPTD KB, tokoh masyarakat, hingga ketua RW. Setelahnya dilanjutkan dengan wawancara pimpinan dalam hal ini Dinkes dan tim Puskesmas.

Hasil dari akreditasi ini, kata Ria, akan membantu Puskesmas meningkatkan mutu layanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Pelayanan tersebut meliputi layanan kesehatan di dalam gedung Puskesmas maupun layanan kesehatan di luar gedung Puskesmas.

“Akreditasi ini adalah sebuah proses dalam rangka peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas dan kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Puskesmas,” tambahnya.

Tahun ini, Kota Bekasi mengusung 45 puskesmas terakreditasi. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Peningkatan mutu layanan di bidang kesehatan ini diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu Kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati meminta kepada seluruh Puskesmas dapat meningkatkan dan menjaga mutu sesuai dengan predikat yang didapat usai akreditasi.

“Untuk teman-teman di Puskesmas mereka harus tetap semangat karena tidak berjalan sendiri. Pastinya dukungan dari Dinkes, dukungan dari pemerintah kota, dan dukungan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan seluruh layanan yang ada di masing-masing UPT,” ungkap Kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati. (ADV/sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin