Berita Bekasi Nomor Satu

Siswa SMA di Kota Bekasi Bersiap Hadapi Asesmen Bakat Minat 

SIMULASI ABM: Sejumlah siswa SMAN 7 Kota Bekasi saat mengikuti simulasi Asesmen Bakat Minat (ABM) di sekolah. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa kelas XII SMA di Kota Bekasi bersip menghadapi Asesmen Bakat Minat (ABM). Hasil ABM ini akan menjadi pertimbangan penting dalam menentukan jurusan saat masuk perguruan tinggi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 8 Kota Bekasi, Istiyo Wahyuni, menjelaskan bahwa pihaknya kini tengah mempersiapkan ABM berbasis komputer bagi siswa kelas XII.

“Saat ini sedang tahap persiapan dan simulasi,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Kamis (2/11).

Istiyo menjelaskan, ABM berbasis komputer bertujuan untuk mengidentifikasi bakat dan minat siswa. Hasilnya menjadi pertimbangan penting dalam menentukan jurusan saat masuk perguruan tinggi.

Pelaksanaan ABM ini dianggap sangat dibutuhkan karena hasilnya memberikan analisis dan bahan pertimbangan yang berharga bagi siswa.

“Pelaksanaan ABM berbasis komputer ini sangat dibutuhkan, karena hasilnya nanti akan berguna bagi siswa untuk menganalisis dan bahan pertimbangan dalam menentukan jurusan ke perguruan tinggi yang akan dipilih,” bebernya.

Dalam kegiatan ini, siswa akan menghadapi berbagai soal yang mencakup berbagai kemampuan, seperti verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal.

Sebelum pelaksanaan ABM berbasis komputer, siswa akan menjalani simulasi terlebih dahulu.

“Simulasi tetap kami laksanakan agar para siswa memiliki gambaran dalam proses pengerjaan soal,” ucapnya.

Adapun waktu pelaksanaan ABM berbasis komputer ini bisa dilakukan pada 6-9 November 2023. Sekolah dapat memilih waktu sesuai dengan kesiapan.

“Kalau untuk di SMAN 8, kami akan melaksanakannya di 8 dan 9 November 2023,” ujar Istiyo.

BACA JUGA: Orangtua Siswa SMAN 1 Setu Keluhkan Beban Biaya Sekolah

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 7 Kota Bekasi, Edy Sunarya, menyampaikan bahwa sekolahnya akan melaksanakan ABM berbasis komputer. Biasanya, pelaksanaan ABM dilakukan secara parsial dengan melibatkan 10 persen siswa. Tetapi pada tahun ajaran ini, seluruh siswa akan ikut serta.

“Biasanya dilaksanakan secara parsial dengan jumlah 10 persen dari jumlah siswa secara keseluruhan. Tapi tahun ini, kami putuskan bagi seluruh siswa kelas XII untuk ikut,” ungkap Edy.

Menurutnya, simulasi dan persiapan ABM berbasis komputer sudah dilakukan pihak sekolah pada 1-2 November 2023. Adapun pelaksananaan ABM mulai 6-7 November 2023.

“Kami sudah melakukan persiapan dan simulasi, hanya tinggal menunggu pelaksanaannya saja, yaitu 6 dan 7 November 2023,” pungkas Edy. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin