Berita Bekasi Nomor Satu

PKL Siswa SMK Terbagi Dua Sesi  

Siswa jurusan Manajemen Logistik SMKN 11 Kota Bekasi saat melakukan praktik pengemasan barang. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa kelas XI SMK terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, sebagian siswa sudah melaksanakannya.

Kepala SMKN 11 Kota Bekasi, Kurniawan menyampaikan bahwa saat ini sebagian siswa kelas XI telah menyelesaikan pelaksana PKL yang sudah dilaksanakan dalam kurun waktu 3-6 bulan. Menurutnya, sistem PKL dibagi menjadi dua sesi.

“Sesi pertama dimulai Juli 2023 dan sesi kedua akan kami mulai pada Januari 2024. Masing-masing lama PKL berbeda, ada yang 3 bulan ada yang lebih dari itu disesuaikan dengan industri masing-masing,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (3/11/2023).

Sesi pertama PKL selesai pada November 2023. Bagi siswa yang telah menyelesaikan PKL wajib untuk membuat laporan kepada masing-masing program jurusan.

“Desember akan dimulai sidang pelaporan, pada November ini kami berikan waktu kepada siswa untuk mempersiapkan berkas serta laporan yang akan disampaikan,” jelasnya.

Laporan PKLyang dibuat oleh siswa berdasarkan beberapa poin, diantaranya terkait profil perusahaan, kerangka teori, dan studi di lapangan.

BACA JUGA: PKL SMK di Kurikulum Merdeka Mulai Kelas XII 

“Laporan yang dihasilkan merupakan hasil kegiatan siswa selama menjalani PKL di industri tersebut. Jika memang PKL ini dijalani dengan sungguh-sungguh, maka hasil laporan akan mudah untuk dibuat,” ucapnya.

Selama proses sidang pelaporan, sekolah akan melakukan persiapan sesi kedua pelaksanaan PKL untuk siswa kelas XI.

“Selama proses sidang berlangsung kami akan melakukan kesiapan juga untuk siswa kelas XI yang masuk pada sesi kedua PKL,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Kota Bekasi, Riono. Ia menyampaikan, bahwa pelaksanaan PKL kali ini dibagi menjadi dua sesi.

“Kami buka untuk dua sesi karena perusahaan atau industri yang sinkron dengan jurusan cukup terbatas,” jelasnya.

Sesi pertama pelaksanaan PKL telah dimulai sejak Juli 2023. Sementara sesi kedua pelaksanaan PKL bagi siswa saat ini juga sudah dimulai.

“Untuk sesi pertama sudah kami mulai di Juli lalu, sudah ada yang selesai dan saat ini sudah mulai masuk sesi kedua pertengahan Oktober kemarin sudah ada yang mulai lagi,” terangnya.

Bagi siswa yang telah menyelesaikan masa PKL, saat ini sedang proses pembuatan hasil laporan PKL yang diawasi oleh pembina PKL masing-masing.

“Yang sudah selesai saat ini kami berikan waktu untuk membuat hasil laporan, dibantu dengan pembina PKL nya masing-masing,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin