Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas Pendidikan Minta Bantuan Dewan Pendidikan untuk Buat Konsep Penyusunan AD ART FKKS

ILUSTRASI: Rapat pembentukan FKKS di 12 kecamatan se-Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pendidikan Kota Bekasi meminta bantuan Dewan Pendidikan setempat untuk membuat konsep penyusunan Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) di 12 kecamatan se-Kota Bekasi.

“Terkait rencana penyusunan AD ART komite sekolah ini, kami sudah bicarakan kepada Dewan Pendidikan untuk dibuatkan konsepnya,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Warsim Suryana, kepada Radar Bekasi, Senin (27/11/2023).

Setelah dibuatkan konsepnya, akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan sejumlah pihak terkait. Termasuk pengurus FKKS.

“Setelah ada konsep AD ART nya nanti kami bicarakan bersama dengan unsur-unsur terkait dari pihak Disdik dan Dewan Pendidikan,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie, mengatakan pihaknya siap untuk membantu membuat konsep penyusunan AD ART FKKS.

“Kami siap membantu baik dari pembuatan konsep maupun proses pembinaan kepada komite secara langsung,” ucapnya.

Sementara itu, perlu dicatat bahwa terkait penyusunan AD ART komite sekolah, perlu dilakukan inventarisasi terlebih dahulu terkait sekolah mana yang belum memiliki dokumen tersebut.

Menurut Ali, banyak sekolah yang belum membuat AD ART, sehingga inventarisasi perlu dilakukan untuk mengidentifikasi sekolah yang masih belum memiliki AD ART komite sekolah.

“Untuk pembuatan AD ART ini memang banyak sekolah yang belum membuat, jadi perlu dilakukan inventarisir terlebih dulu sekolah mana saja yang belum memiliki AD ART komite sekolah,” tuturnya.

Ali mengungkapkan bahwa Dewan Pendidikan berencana memulai proses pembinaan bagi FKKS pada tahun 2024. Pembinaan ini akan mencakup pembahasan mengenai konsep pembentukan AD ART komite untuk setiap sekolah.

BACA JUGA: Pegawai Distaru Tampar ASN Satpol PP Kota Bekasi

Konsep AD ART tersebut akan mencakup aspek-aspek seperti kedudukan komite di sekolah, masa kerja sekolah, dan rencana anggaran biaya sekolah.

“Kami kan sudah melewati serangkaian prosesnya dari pemilihan, pembentukan, sampai pengesahan. Yang belum dilakukan adalah pembinaan. Dalam pembinaan ini di dalamnya kami bahas mengenai konsep pembentukan AD ART komite bagi setiap sekolah,” terangnya.

Ali menekankan pentingnya setiap komite sekolah memiliki AD ART sebagai pegangan. Dalam pembuatan konsep AD ART, Ali menyatakan bahwa perlu dilakukan pembinaan secara khusus, sehingga setiap komite dapat menyampaikan kekurangan dan persoalan yang ada di sekolah.

Dewan Pendidikan menegaskan kesiapannya untuk membantu dalam proses pembinaan, dengan harapan bahwa konsep AD ART dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada di masing-masing sekolah.

“Perlu waktu, tapi kami Dewan Pendidikan siap membantu. Konsep AD ART ini juga harus dibicarakan bersama dengan pengurus komite agar dalam penyusunan disesuaikan dengan kekurangan dan persoalan yang ada,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin