Berita Bekasi Nomor Satu

Popularitas Calon Anggota DPRD dan DPR RI di Sukawangi Bekasi Masih Rendah

Warga mengamati surat suara saat simulasi dan sosialisasi Pemilu 2024 di Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, Selasa (12/12/2023). KARSIM PRATAMA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Popularitas calon anggota DPRD dan DPR RI di Sukawangi Kabupaten Bekasi, masih rendah. Hal ini terungkap dalam sosialisasi dan simulasi Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Radar Bekasi pada Selasa (12/12/2023).

Di Sukawangi, sebagian besar masyarakat belum memiliki pilihan yang jelas untuk menentukan wakil rakyatnya pada Pemilu 2024.

Sementara itu, popularitas calon wakil rakyat yang bertarung di tingkat provinsi terbilang cukup tinggi.

“Saya tahunya provinsi saja. Paling sama calon presiden. Kalau yang lain saya nggak tahu (kenal),” ujar warga Sukawangi, Oneh (50).

Popularitas calon wakil rakyat di tingkat kabupaten dan pusat rendah disebabkan oleh kurangnya kehadiran mereka dan tim sukses (timses) di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Penolakan Simulasi Pemilu 2024 di Cikarang Selatan, Warga Khawatir Data Dimanipulasi untuk Kemenangan Calon  

Sejauh ini, masyarakat jarang merasakan kehadiran calon wakil rakyat beserta timsesnya secara langsung. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan calon wakil rakyat dan timses yang hanya memasang Alat Peraga Kampanye (APK) tanpa mendampinginya dengan interaksi langsung dengan masyarakat.

“Mana, nggak ada yang datang sampai sekarang. Bagaimana mau kenal,” tukasnya.

Menurut seorang relawan yang bertugas di wilayah Dapil IV Kabupaten Bekasi, Rodiah Aprilliani, pengetahuan masyarakat tentang calon-calon wakil rakyat masih sangat minim. Oleh karena itu, hampir sebagian besar masyarakat cenderung tidak mencoblos semua surat suara yang diberikan.

“Paling nyoblos caleg provinsi sama calon presiden,” ungkapnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin