Berita Bekasi Nomor Satu

Kemenag Masih Dalami Penurunan Pernikahan

TUNJUKAN BUKU NIKAH : Sepasang pengantin menunjukan buku nikah di KUA Medan Satria, Kota Bekasi belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi masih menyelidiki penyebab terjadinya penurunan angka pernikahan pada 2023 di kota patriot. Diketahui, jumlah pasangan yang menikah sepanjang tahun lalu mencapai 11.223. Angka itu jauh lebih rendah bila dibandingkan angka pernikahan 2022 yang mencapai 13.676 pernikahan.

“Evaluasi tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Karena ketika evaluasi pertama yang kami lakukan, kami belum menemukan hasil yang benar-benar kongkret terkait alasan kenapa jumlah pernikahan di tahun 2023 ini menurun,” ujar Kasie Urusan Agama dan Pembinaan Syariah pada Kemenag Kota Bekasi, Indra Karmawan Kepada Radar Bekasi, Rabu (17/1).

BACA JUGA: Pasangan Menikah di Kota Bekasi Selama 2023 Menurun

Indra menjelaskan, pada evaluasi pertama yang telah dilakukan pada pekan kedua Januari 2023, pihaknya memanggil dimana para penghulu dan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Bekasi untuk mengetahui alasan pasti terjadinya penurunan jumlah pernikahan. Dalam waktu dekat, Kemenag Kota Bekasi sendiri kembali menggelar penyelidikan lanjutan terkait hal ini.

“Dari hasil rapat evaluasi pertama teman-teman kepala KUA dan penghulu belum kasih jawaban pasti,” jelasnya.”Iya kami akan melakukan evaluasi lanjutan yang rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini, semoga aja hasil evaluasi kedua ini kami sudah menemukan alasan dan jawaban pasti,” terangnya.(dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin