Berita Bekasi Nomor Satu

Sabu 12 Kg Dimusnahkan

PEMUSNAHAN: Anggota Satnarkoba Polres Metro Bekasi memusnahkan narkoba seberat 12 kg sabu hasil tangkapan pada bulan November 2023 di Mapolres Metro Bekasi Kota, Kamis (18/1).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Metro Bekasi Kota, kemarin, memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 12 kg sabu, hasil tangkapan dari jaringan narkotika internasional.

“Dalam kasus ini, barang buktinya 12 kilogram yang terungkap pada bulan November 2023 oleh Satresnarkoba,” kata Wakasat Narkoba Polres Metro Bekasi Kota Kompol Suwolo Seto, Kamis (18/1/2024).

Suwolo menyebut, pemusnahan dilakukan atas dasar perlengkapan perkara sesuai UU Narkotika Pasal 72 dan Pasal 91 untuk perlengkapan penyidikan. Barang haram itu dimusnahkan dengan cara diblender dan dicampur air.

“Disaksikan oleh aparat penegak hukum lainnya yakni keadilan, kejaksaan, dan tokoh masyarakat dan dilaksanakan oleh Puslabfor Polri,” jelas dia.

BACA JUGA: Kado Tahun Baru 2024, 137 Anggota Polres Metro Bekasi Kota Naik Pangkat

Adapun barang bukti sabu yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan dari empat tersangka pada November 2023 lalu. Tersangka yang pertama ditangkap pertama adalah HD (24). Saat itu, ia ditangkap berikut barang bukti sabu seberat 0,59 gram. Pengembangan lalu dilakukan. Hasilnya, polisi kembali menangkap satu tersangka lain berinisial FN (24) berikut sabu seberat 42 gram.

Penelusuran dari tersangka FN berlanjut dan polisi lalu menangkap tersangka ketiga yakni IW (38) di sebuah apartemen di Tangerang. Di sana, tersangka IW mengatakan ia turut menyimpan sabu seberat 12 kilogram.

IW juga menginformasikan kepada polisi informasi tambahan bahwa sabu itu didapatkan oleh UF yang berada di Kalimantan Barat. Proses peredaran barang haram tersebut dilakukan melalui jalur darat dan laut.

“Dari keterangan para tersangka, barang yang mereka dapatkan merupakan jaringan internasional, dari wilayah Malaysia dan ada satu orang lainnya berstatus DPO yang merupakan warga negara dari Malaysia,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Dani Hamdani, saat rilis pers, Senin (13/11/2024). (rez)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin