Berita Bekasi Nomor Satu

Kendaraan ASN dan Masyarakat Diuji Emisi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejak pagi nampak sudah beberapa kendaraan roda empat berbaris, menunggu giliran uji emisi yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi. Jadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Bekasi ke-27, uji emisi tersebut ditujukan untuk menekan polisi udara yang berasal dari gas buang kendaraan.

Rencananya, uji emisi dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Maret, dilaksanakan di halaman Plaza Pemkot Bekasi dan area salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bekasi pada hari kedua. Target utama pada hari pertama kemarin adalah kendaraan dinas dan kendaraan milik pegawai Pemkot Bekasi.

“Target kita besok (8/3) adalah masyarakat umum, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat,” kata Kabid Prasaran Dishub Kota Bekasi, Iim Halimi, Kamis (7/3).

Dipastikan bahwa uji emisi dua hari ini bebas biaya, berbeda jika melaksanakan uji emisi secara mandiri di bengkel-bengkel yang ada di Kota Bekasi. Setiap kendaraan yang datang telah didaftarkan oleh pemiliknya secara online, Iin menyampaikan bahwa laman pendaftaran telah disebar luaskan kepada masyarakat melalui berbagai kanal.

Setiap kendaraan diuji kadar gas buangnya. Hasil dari uji emisi ini akan memberikan informasi keamanan gas buang bagi lingkungan, hingga kelayakan mesin kendaraan.

“Penting sekali. Pertama untuk kendaraan itu sendiri, kita bisa mengukur efisiensi dari kendaraan tersebut, masih laik atau tidak, masih bagus atau tidak. Yang kedua tentu berdampak secara luas terkait dengan polusi udara,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin