Berita Bekasi Nomor Satu

Penderita Lambung Tetap Aman Berpuasa

Kepala Puskesmas Bantargebang, dr. Arnya Andriani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penderita penyakit asam lambung dan gerd kerap khawatir saat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan aman. Nah, dr Arnya Andriani ini punya solusi bagi penderita penyakit lambung supaya tetap nyaman dan aman menjalankan ibadah puasa.

Paling utama harus benar-benar menjaga pola makan saat sahur dan berbuka puasa. “Menjaga pola makan saat sahur dan berbuka itu sangat penting,” ujar Arnya yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Bantargebang Kota Bekasi kepada Radar Bekasi, Rabu (13/2).

Di samping menjaga pola makan, penderita penyakit lambung juga harus  menghindari makanan yang pedas dan asam karena akan merangsang pencernaan. Untuk menjaga itu jika ada obat-obatan dari dokter boleh dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

“Selama bulan puasa usahakan hindari makanan yang asam dan juga pedas ya, kalau ada obat yang harus dikonsumsi bisa dilakukan saat berbuka dan sahur,” tuturnya.

BACA JUGA: 5 Menu Sehat Santap Sahur Bikin Tetap Kuat Beraktivitas saat Berpuasa

Saat sahur perbanyak makanan yang tinggi serat, buah dan air putih untuk menjaga stamina dalam menjalan ibadah puasa. Kemudian saat berbuka diusahakan tidak memakan makanan secara berlebihan.

“Usahakan makan secara bertahap, sedikit-sedikit, dapat dimulai dari air putih dulu dan sedikit makanan yang manis,” jelasnya.

Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit, juga dinilai baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat menjalani ibadah puasa. Selain itu menjaga pola tidur yang seimbang, ibadah dan juga aktivitas rutin tetap berjalan. “Selama puasa kalian masih tetap bisa beraktivitas dengan pola waktu yang diatur dengan baik,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin