Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Semakin Banyak Santri Lulusan Pondok Pesantren di Bekasi Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

ILUSTRASI: Sejumlah santri mengikuti lomba. Setiap tahun santri lulusan sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Bekasi yang melanjutkan ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, terus mengalami peningkatan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setiap tahun santri lulusan sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Bekasi yang melanjutkan ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, terus mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah, keinginan para santri untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sangat bagus” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Menurut Ismail, terjadi peningkatan sebesar 5 hingga 10 persen setiap tahunnya. Hal tersebut diharapkan dapat berjalan dengan konsisten.

Menurutnya, ini sangat positif karena para lulusan santri dapat memiliki pengalaman dan pengetahuan yang terus berkembang.
Salah satu faktor yang mendorong peningkatan minat lulusan santri untuk melanjutkan ke perguruan tinggi adalah banyaknya kesempatan dan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada santri.

Ismail juga menyoroti peran motivasi dari guru-guru dan orang tua santri dalam meningkatkan minat tersebut.

“Tidak bisa dipungkiri, salah satu faktornya adalah, banyak beasiswa yang diberikan oleh
pemerintah, kemudian motivasi dari guru-guru serta orang tua santri juga,” ucapnya.

Ismail mencontohkan, lulusan pondok pesantren Al-Hidayah Nurul Ummah Bojongsari Jatisari miliknya banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Untuk pondok pesantren yang saya pimpin saat ini, dari 30 jumlah santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) yang lulus tahun lalu, ada sekitar 10 orang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tuturnya.

BACA JUGA: Santri Pondok Pesantren di Bekasi Siap Hadapi Ujian Akhir

Menurut Ismail, dengan banyaknya santri yang melanjutkan ke perguruan tinggi, maka tentu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan akan terus bertambah.

“Dengan adanya motivasi santri yang cukup baik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,
diharapkan kualitas SDM akan mengalami peningkatan,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Tahfidz DTI Quran Kota Bekasi, Ahmad Mahwan. Ia menegaskan bahwa perkembangan zaman menjadi motivasi bagi para santri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ahmad mencatat bahwa dari 30 lulusan santri tingkat MA tahun sebelumnya, 10 hingga 15 orang memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Tahun lalu, ada sekitar 10 sampai dengan 15 orang santri memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” tandas Ahmad.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa para santri lulusan MA memiliki semangat dan motivasi
yang baik untuk meningkatkan kualitas SDM mereka. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin