Berita Bekasi Nomor Satu

Program ”One Night One Juz” Salat Tarawih jadi Ikonik Masjid Agung Al Barkah  

ILUSTRASI: Warga beraktivitas di depan Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, belum lama ini. Selama bulan suci Ramadan, program one night one juz dalam pelaksanaan salat tarawih menjadi  ikonik Masjid Agung Al Barkah. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Program one night one juz atau satu malam membaca satu juz Al-Qur’an dalam pelaksanaan salat tarawih menjadi ikonik Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, yang masih berjalan hingga saat ini.

Meski sempat ditiadakan saat pandemi Covid-19 beberapa tahun silam, program ini kembali berjalan dan kerap ditunggu jemaah yang menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadan di masjid yang juga landmark Kota Bekasi.

“Ini program memang menjadi ikonik masjid kami dan alhamdulillah mendapatkan respon yang sangat positif warga Kota Bekasi,” kata Ketua DKM Masjid Agung Al Barkah, Nachrawi Subandi kepada Radar Bekasi, Senin (18/3/2024).

Program one night one juz dalam pelaksanaan salat tarawih berlangsung hingga pukul 21.30 WIB. Sejak hari pertama hingga ketujuh Ramadan, jemaah yang mengikuti program one night one juz pelaksanaan salat tarawih cukup banyak.

“Kalau di hari pertama itu bisa dikatakan ribuan karena sampai keluar-keluar, tapi makin berjalan jumlahnya berkurang meskipun berkurang tapi jumlahnya masih terbilang banyak atau bisa dikatakan ratusan,” jelasnya.

BACA JUGA: Puasa Ramadan Mengurangi Kebiasaan Merokok

Lebih lanjut, dikatakannya, program Ramadan lainnya yang dilaksanakan secara rutin setiap hari adalah menyediakan dan menerima takjil untuk berbuka, kultum zuhur, dan kultum ahad subuh.

“Ini rutin biasanya kami mulai program-programnya sejak salat zuhur, lanjut salat ashar menyiapkan takjil berbuka, salat magrib, tarawih sampaikan dengan kegiatan one night one juz,” terangnya.

Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi secara konsisten menyediakan sekitar 300 takjil untuk umat muslim berbuka puasa setiap harinya.

Tidak hanya itu program lain seperti malam Nuzulul Qur’an dan i’tikaf serta salat tahajud dilaksanakan di malam Ramadan.

“Ini program yang akan dilakukan di hari yang sudah dijadwalkan, seperti i’tikaf ini akan kami laksanakan 10 hari menuju kemenangan,” ucapnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin