Berita Bekasi Nomor Satu

Kian Akrab Istilah Ngabuburit Jelang Buka Puasa, Ternyata Berawal dari Bahasa Ini

Salah satu spot wisata ngabuburit keren cocok dan instagrammable untuk berfoto sebelum berbuka puasa. Foto Instagram.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Istilah ngabuburit kian akrab terdengar di telinga saat puasa Ramadan. Biasanya, istilah ngabuburit digunakan untuk menyongsong buka puasa.

Patut diketahui, kata ‘ngabuburit’ berasal dari Bahasa Sunda. Menunjukkan kegiatan pada waktu sore hari. Berasal dari asal kata, burit, yaitu sore.

Ketua Lembaga Budaya Sunda (LBS) Hawe Setiawan di Universitas Pasundan (Unpas) menjelaskan, kata burit artinya waktu sore atau senja menjelang adzan maghrib.

BACA JUGA: Hukum Menonton Video Joget di Media Sosial Saat Berpuasa

“Istilah ngabuburit kan itu artinya jalan-jalan menyongsong sore waktu buka, melakukan kegiatan yang bermanfaat, berfaedah” ucap Hawe pada video YouTube UnpasTalk Spesial Ramadan 4.

Awalnya, kegiatan ngabuburit masyarakat hanyalah jalan-jalan sore menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Tapi saat ini sudah banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti menonton video Instagram, TikTok atau YouTube, bermain video games, dan lain-lain.

Aktivitas ngabuburit juga dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mengaji, dan beribadah untuk meningkatkan pahala selama bulan puasa Ramadan. (rbs/jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin