Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Rekrutmen Baru PPK-PPS untuk Pilkada 2024

ILUSTRASI: Petugas TPS menghitung perolehan suara Pemilu 2024 di Kampung Ketapang, Desa Kalijaya, Cikarang Barat, Rabu (14/2). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi akan melakukan evaluasi besar dan rekrutmen baru anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pilkada Serentak 2024. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi akan melakukan evaluasi besar dan rekrutmen baru anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pilkada Serentak 2024.

“Jadi bukan hanya evaluasi, tapi rekrutmen baru. Tapi surat edarannya belum ada dari KPU RI,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido, kepada Radar Bekasi, Minggu (24/3/2024).

Ali menjelaskan bahwa masa kerja panitia ad hoc kecamatan akan berakhir pada 4 April 2024. Setelah itu, pada 17 April 2024, pihaknya akan menyampaikan pengumuman sekaligus membuka pendaftaran seleksi panitia badan ad hoc kecamatan untuk persiapan Pilkada. Dalam hal ini, Ali menegaskan bahwa pihaknya akan mencari orang-orang yang memiliki kriteria amanah untuk mengemban jabatan tersebut.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bekasi Bakal Evaluasi Besar Panwascam

“Kita lebih kepada kriteria teman-teman untuk mengemban amanah sebagai panitia ad hoc kecamatan, tentunya yang memiliki kapasitas dan kapabilitas, serta rekam jejak. Catatan mereka (PPK) menjadi ad hoc saat Pemilu kemarin bagian yang tidak terpisahkan, untuk kami evaluasi di dalam persiapan di Pilkada nanti,” jelasnya.

Nasib para PPK yang kini masih menjabat akan ditentukan oleh kemampuannya ketika mengikuti tes kembali. Sebab kata Ali, pihaknya tidak melihat kinerja PPK bagus apa tidak saat menjalankan tugasnya pada Pemilu 2024 kemarin.

“Tentunya kemampuan dia (PPK) saat mengikuti tes kembali. Jadi tidak ada kriteria, misalkan bagus lantas kemudian bisa dipertahankan, ya tidak begitu juga. Ikuti tes seperti biasanya lagi, termasuk PPS juga sama,” ucapnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin