Berita Bekasi Nomor Satu

289 Bus Standby di Terminal Bekasi

ILUSTRASI : Pemudik memadati kawasan Terminal Induk Bekasi, Kota Bekasi, belum lama ini. Pemudik tahun ini diprediksi meningkat dibanding tahun sebelumnya. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hari Raya Idukfitri 2024 semakin dekat. Warga Kota Bekasi yang berniat untuk mudik ke kampung halaman rasanya sudah mulai bersiap menjelang cuti bersama pada 8 April mendatang. Begitu juga pemerintah, bersiap memfasilitasi pemudik yang akan bergerak ke kampung halaman, ratusan armada bus dipersiapkan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi telah bersiap, mulai dari pemeriksaan kelaikan armada bus. Total 289 bus dari beberapa perusahaan otobus dipersiapkan pada periode mudik tahun ini.

“Pada arus mudik dan balik tahun ini kita siapkan 239 unit bus reguler dan 50 unit bus cadangan,” kata Kepala Terminal Induk Bekasi, Hermawan, Selasa (26/3/2024).

Ratusan armada tersebut terdiri dari 115 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk mengangkut pemudik ke berbagai daerah di luar Provinsi Jawa Barat, serta 124 unit bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk mengangkut pemudik ke berbagai daerah di Jawa Barat.

Sampai dengan pekan ini kondisi terminal memang belum menunjukkan adanya pergerakan pemudik. Waktu yang tersisa sampai dengan cuti bersama lebaran dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mempersiapkan layanan bagi pemudik.

“Sesuai dengan prediksi nasional, pergerakan puncak kita prediksi di 7 dan 8 April. Untuk arus baliknya sekitar 13 dan 14 April 2024,” ungkapnya.

BACA JUGA: Perbaikan Jalur Mudik Rampung H-7

Untuk mempersiapkan angkutan mudik, Hermawan menyebut setiap tahun pihaknya telah mengevaluasi penyelenggara angkutan mudik. Evaluasi tersebut dilakukan untuk memperbaiki pelayanan mudik yang akan datang.

Persiapan lain juga dilakukan oleh Dishub Kota Bekasi untuk memastikan keamanan dan kelancaran mudik di jalur arteri. Hampir setiap momentum lebaran jalur arteri dipenuhi oleh pengendara roda dua dan roda empat yang bergerak dari arah barat ke timur Bekasi atau sebaliknya.

Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut angkutan lebaran pada  4 sampai 19 April 2024.

“Secara umum persiapan ada empat. Pertama mekanisme (angkutan lebaran), sarana, prasarana, dan personil,” ungkap Kepala Dishub Kota Bekasi, Zeno Bachtiar.

Mendekati periode mudik lebaran nanti, ruas jalan yang akan dilalui pemudik akan dipasang rambu lalu lintas portabel, tepatnya pada H-7 lebaran. Rambu ini berfungsi penting sebagai penunjuk arah.

Sejauh ini ia menyebut bahwa Dishub Kota Bekasi telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Poles Metro Bekasi Kota.

“Seperti DBMSDA terkait dengan penebangan pohon dan (persiapan) jalan, setelah itu BPBD terkait dengan kemungkinan anomali cuaca dan lain-lain,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin