Berita Bekasi Nomor Satu

Caleg Tambun Utara Kuasai Dapil IV Kabupaten Bekasi 

Pengamat politik Bekasi, Roy Kamarullah 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Calon anggota legislatif (caleg) dari wilayah Kecamatan Tambun Utara mendominasi perolehan suara di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Bekasi.

Dari tujuh caleg yang terpilih sebagai wakil rakyat, lima berasal dari Tambun Utara, sementara dua lainnya berasal dari Sukawangi dan Sukatani. Kecamatan Tambelang tidak memiliki keterwakilan setelah warganya yang bertarung tidak mampu menandingi pesaingnya.

Diketahui, tujuh caleg terpilih di arena tarung yang mencakup Kecamatan Tambelang, Sukawangi, Tambun Utara, dan Sukatani ini di antaranya, M. Dendy Aprijal (Tambun Utara), Muhtada Sobirin (Tambun Utara), Puji Lestari (Tambun Utara), Subagiyo (Tambun Utara), Mustakim (Tambun Utara), Darissalam (Sukawangi), dan Karsih (Sukatani).

Dominasi Tambun Utara dalam merebut kursi wakil rakyat ini disebabkan oleh jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang lebih besar dibandingkan tiga kecamatan lainnya.

“Ini menandakan bahwa memang basis suara atau jumlah penduduk yang banyak itu di Kecamatan Tambun Utara,” ujar Pengamat Politik Bekasi, Roy Kamarullah, kepada Radar Bekasi, Selasa (26/3/2024).

Roy juga menyoroti fakta bahwa sebagian besar caleg yang terpilih berasal dari Tambun Utara, menyebabkan caleg dari luar wilayah tersebut kesulitan untuk merebut basis suara.

“Makanya banyak juga caleg dari luar Tambun Utara terpental, ketika coba masuk. Jadi banyak caleg yang diluar Tambun Utara terpental. Contoh banyak caleg incumbent dari luar Tambun Utara yang akhirnya terpental,” ungkapnya.

Namun, ia melihat bahwa beberapa caleg dari luar Tambun Utara juga berhasil terpilih dengan fokus memperoleh suara di wilayahnya masing-masing.

“Justru yang konsen ke di luar Tambun Utara, malahan dia bisa melenggang. Tapi tidak menutup kemungkinan caleg-caleg yang datang dari luar Dapil juga bisa menang, di Dapil yang bukan tempat dia berdomisili,” jelasnya. (pra)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin