Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Ledakan Gudang Amunisi, Warga Cikiwul Bekasi dan Ciangsana Bogor Diungsikan  

Ledakan disertai kebakaran gudang amunisi Kodam Jaya di Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3/2024). FOTO: TANGKAPAN LAYAR

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi ledakan disertai kebakaran gudang amunisi Kodam Jaya di Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, diungsikan. Warga yang diungsikan berasal dari Desa Ciangsana dan Kelurahan Cikiwul Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi.

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra, mengatakan ratusan warga di RT 01 RW 11 Desa Ciangsana yang terdampak kejadian itu telah diungsikan.

“Sementara ada 85 KK (kepala keluarga) terdiri dari 200 jiwa. Sudah diungsikan,” kata Udin kepada Radar Bogor (Grup Radar Bekasi), Sabtu (30/3/2024) malam.

Saat ini, kata dia, ratusan warganya tersebut sebagian dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Sebagian ada yang di rumah saya,” tukasnya.

Sementara dikutip dari Pojoksatu.id (Grup Radar Bekasi), Ketua RT 6 Kelurahan Cikiwul, Apet Mustofa, menyatakan bahwa di RT 6 ada 40 KK harus berpindah ke tempat yang lebih aman karena ledakan tersebut.

“Ngungsi karena takut ada yang meledaknya keluarnya,” jelas dia.

BACA JUGA: Pangdam Jaya Tegaskan Tidak Ada Korban Jiwa dalam Peristiwa Ledakan Gudang Amunisi

Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran disertai ledakan gudang amunisi Kodam Jaya di Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

“Sampai saat ini kami sudah mengecek seluruh lokasi, di arah permukiman tidak ada korban jiwa. Kami tegaskan tidak ada korban jiwa,” jelas Hasan kepada wartawan di lokasi, Sabtu (30/3/2024) malam.

Pihak TNI dan Damkar saat ini masih belum bisa masuk ke lokasi. Hal ini dikarenakan kondisi gudang masih terus meledak.

Kendati demikian, Hasan memastikan bahwa sistem pengulangan di Kodam Jaya ini sudah aman dan jauh dari permukiman warga.

“Lokasinya berada di bunker dan di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan. Namun jika ledakannya ke atas, bisa menyebar sampai ke beberapa tempat,” jelas Hasan.

“Kami pastikan bahwa prosedur mau pun sistem pengamanan di gudang ini sudah sedemikian rupa aman,” ucap dia melanjutkan.(oke/rb/pjk/rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin