Berita Bekasi Nomor Satu

Santri Pondok Pesantren Kota Bekasi Diharapkan Tetap Jalankan Ibadah Selama Libur Lebaran

BACA AL-QUR’AN: Sejumlah santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Nurul Ummah Bojongsari Jatisari Jatiasih Kota Bekasi, tadarus Al-Qur’an bersama. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASISantri pondok pesantern di Kota Bekasi mulai libur Hari Raya Idulfitri sejak Minggu (31/3/2024). Mereka akan Kembali beraktivitas pada Senin (21/4/2024).

Para santri dari berbagai di daerah sudah dijemput oleh orangtuanya untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya. Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bekasi, Ismail Anwar, menyatakan mayoritas santri memilih untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Pada tahun sebelumnya, saat pandemi Covid-19, beberapa santri memilih tinggal dan merayakan Idul Fitri di pondok pesantren.

“Hampir semua santri memilih pulang ke kampung halamannya, karena sudah tidak ada lagi larangan berkumpul atau pembatasan kegiatan, ” terang Ismail.

Meskipun demikian, sejumlah pengasuh pondok pesantren meminta santri senior agar tetap tinggal di ponpes.

“Ada beberapa pengasuh pondok pesantren yang memilih santri senior untuk tidak pulang dan membantu kegiatan ponpes selama Idulfitri dengan catatan harus mendapat izin wali atau orangtua santri,” ucapnya.

Ismail menambahkan bahwa selama libur Idulfitri santri diingatkan untuk tetap menjalankan aktivitas ibadah seperti di pesantren, seperti salat berjamaah dan membaca Al-Qur’an.

BACA JUGA: FKPP Kota Bekasi Ajak Santri Maknai Bulan Ramadan

“Setiap santri selalu diingatkan untuk tetap menjalankan berbagai kegiatan positif selama liburan di rumah, untuk menjaga kebiasaan yang baik selama di pondok pesantren,” beber Ismail.

Tidak hanya itu, para santri juga diminta untuk tetap menjaga kesehatan, agar pada saat kembali ke pondok pesantren tidak terlambat karena alasan sakit.

“Kami berharap para santri bisa menjaga kesehatan selama liburan, sehingga bisa tepat waktu kembali ke pondok pesantren dan bisa mengikuti berbagai kegiatan maupun proses pembelajaran,” imbuhnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin