Berita Bekasi Nomor Satu

SMAN 1 Sukakarya Ajarkan Akhlak Mulia dalam Bermasyarakat lewat Rantang Cinta Program SmartTren Ramadan

BAGIKAN TAKJIL: Sejumlah siswa SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi membagikan takjil kepada pengendara dalam kegiatan Rantang Cinta Program SmartTren Ramadan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mengajarkan pentingnya kepedulian antar sesama di masyarakat coba diaplikasikan oleh SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi melalui kegiatan Rantang Cinta Program SmartTrend Ramadan.

Dalam kegiatan tersebut sejumlah siswa berperan aktif dalam kegiatan sosial berupa pembagian takjil untuk masyarakat.

Kegiatan mulai dari pengumpulan donasi hingga pembagian makanan untuk berbuka puasa yang diberikan kepada masyarakat sekitar sekolah hingga pengguna jalan.

Kegiatan pembelajaran selama Ramadan itu diikuti siswa kelas X dan kelas XI. Kegiatan lainnya juga wajib diikuti yakni salat dhuha berjamaah, zikir, tadarus, materi keagamaan, dan sejumlah kegiatan perlombaan seputar Agama Islam.

“Alhamdulillah kita melaksanakan beberapa agenda kegiatan di bulan Ramadan. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembelajaran dalam membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah,” kata Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi, Acep Hadi kepada Radar Bekasi, Senin (1/4/2024).

Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi, Acep Hadi

Kegiatan tersebut berlangsung sejak 25 Maret hingga 2 April 2024. Puncak acara program itu berupa kegiatan buka puasa bersama dan perlombaan.

Dijelaskannya, kegiatan Rantang Cinta sengaja dikemas dengan pemberian takjil untuk para pengendara yang melintas di lingkungan sekolah.

“Kegiatan Rantang Cinta kami kemas dalam bentuk pembagian takjil bagi para pengendara jalan, dalam pembagiannya siswa memakai seragam Pramuka karena memang seperti itu juknis dan ketentuannya,” ucapnya.

Selain itu, beberapa kegiatan perlombaan meliputi lomba da’i, puisi Ramadan, dan kuis diberikan kepada siswa untuk meramaikan rangkaian acara penutup Ramadan.

“Kami menutupnya dengan rangkaian perlombaan, agar suasananya lebih semarak dan semangat juga siswa untuk mengikuti kegiatan penutupan Ramadan ini,” jelasnya.

USAI SALA DHUHA: Sejumlah siswa SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi usai melaksanakan kegiatan salat dhuha berjamaah dalam program SmartTren Ramadan.

Dalam rangkaian kegiatan Ramadan tahun ini pihak sekolah berharap siswa dapat memaknainya dengan cara meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman siswa tentang ajaran Agama Islam.

“Kami berharap siswa bisa memaknai ini dengan penuh pembelajaran, sehingga mereka bisa menjadi umat muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, maupun bermasyarakat,” pungkasnya. (dew/pms)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin