Berita Bekasi Nomor Satu

Menhub Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal dan Anjurkan Balik Lebih Akhir  

POS PELAYANAN MUDIK: Pengendara melintasi Pos Pelayanan Ops Ketupat Jaya 2024 di halaman Museum Gedung Juang 45 Bekasi di Tambun Selatan, Senin (1/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran 2024 agar melakukan mudik lebih awal dan menganjurkan balik lebih akhir.

“Melihat tren pelaku perjalanan mudik yang meningkat, kami mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal. Hari ini adalah H-10, kami anjurkan masyarakat mulai mudik pada H-10 hingga H-5 lebaran karena pada hari tersebut relatif belum ramai. Demikian juga ketika kembali kami anjurkan lebih akhir,” ujar Budi, dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Hal itu dikatakan Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI dengan tema Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Sejumlah 193,6 juta penduduk Indonesia berpotensi melakukan perjalanan mudik tahun ini. Jumlah itu berdasarkan hasil survey pergerakan penumpang yang dilakukan Kemenhub bersama sejumlah pihak.

Budi memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Kementerian Perhubungan berupaya memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik serta melakukan pemeriksaan kelaikan operasional atau inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check),” kata Menhub.

BACA JUGA: Sembilan Pos Pelayanan Mudik Disiapkan di Kabupaten Bekasi

Menhub mengatakan persiapan angkutan lebaran 2024 telah dilakukan secara matang melalui koordinasi lintas sektor. Dengan infrastruktur yang sudah terbangun serta kerjasama antar Kementerian/Lembaga, seluruh operator transportasi, serta berbagai pihak terkait, diharapkan dapat tercapai angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman.

“Kita mengusung slogan ‘Mudik Ceria Penuh Makna’ dan ini menjadi do’a kita semua agar perjalanan berjalan dengan baik, masyarakat mudik dengan selamat, aman, ceria dan bermakna,” tutur Menhub.

Pada masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2024, Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis melalui darat (bus), kapal laut dan kereta api. Sementara layanan mudik gratis bersama sepeda motor dibuka melalui kapal laut dan kereta api. Menhub berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin