Berita Bekasi Nomor Satu

Siswa SMK di Bekasi Selesai PKL, Pembuatan Laporan Maksimal Tiga Minggu

ILUSTRASI: Siswa SMK Citra Mutiara saat praktik di sekolah. Siswa SMK di Kabupaten Bekasi telah menyelesaikan PKL. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI Siswa SMK di  Kota dan Kabupaten Bekasi telah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL), yang merupakan salah satu syarat untuk kenaikan kelas.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo, mengungkapkan bahwa pelaksanaan PKL bagi siswa kelas XI telah selesai dilakukan.

“Proses PKL ini untuk satu semester atau enam bulan,” tuturnya kepada Radar Bekasi.

Ia menjelaskan, PKL dimulai pada awal semester pertama dan dapat dilakukan selama tiga sampai enam bulan, disesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

“PKL-nya disesuaikan dengan perusahaan masing-masing, ada yang tiga bulan dan ada juga enam bulan,” beber Prawiro.

Menurutnya, PKL merupakan salah satu syarat penilaian untuk kenaikan kelas siswa. Oleh karena itu, wajib dilaksanakan oleh peserta didik.

“PKL itu merupakan salah satu syarat penilaian untuk kenaikan kelas, sehingga harus dikerjakan,” terangnya.

Siswa diberi waktu dua sampai tiga minggu untuk membuat laporan hasil PKL, yang kemudian akan dipresentasikan pada program jurusan masing-masing.

“Kami sedang memberikan waktu kepada siswa untuk membuat laporan, termasuk memperbaiki jika ada revisi atau kesalahan,” ucapnya.

BACA JUGA: PKL Siswa SMK Terbagi Dua Sesi  

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Kota Bekasi, Hikmah Tuloh Sidik, Dikatakan, saat ini siswanya tengah menyusun laporan hasil PKL.

“Siswa kelas XI sedang menyusun dan membuat laporan hasil kegiatan PKL,” tuturnya.

Dalam pembuatan laporan hasil PKL, siswa akan didampingi oleh guru program jurusan masing-masing untuk memastikan mereka memahami mekanisme dan proses pembuatan laporan.

“Mereka (siswa, Red) akan didampingi, sehingga jika ada kesulitan, bisa diarahkan oleh guru pendamping masing-masing,” pungkasnya.

Sedangkan pelaksanaan sidang ujian PKL akan dilakukan antara Mei dan Juni, sebelum atau sesudah ujian kenaikan kelas. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin