Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Jangan Terprovokasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI -Publik Kota Bekasi berharap Timnas bisa melenggang ke babak Final Piala Asia (AFC) U-23 2024. Masyarakat belakangan terkesima dengan penampilan Timnas U-23 Indonesia sejak awal turnamen 2024 bergulir hingga puncaknya beberapa waktu kemarin, Timnas berhasil menekuk Korea Selatan lewat adu pinalti.

Usai mengalahkan Korea di perempat final, saat ini Timnas harus berhadapan dengan juara piala Asia 2018 dan Runner Up tahun 2022. Beberapa pihak yakin mental pemain yang nampak pada pertandingan sebelumnya bisa mengalahkan Uzbekistan.

Eks pemain Timnas Indonesia, Tia Tano Taufik melihat dua pertandingan terakhir Garuda muda bermain apik. Meskipun harus berhadapan tim yang peringkatnya berada di atas Indonesia.

“Yang paling penting itu mental bertandingnya sudah kita punya sekarang. Sekarang kita sudah tidak minder lagi dengan nama besar, mungkin Korea, Jordania, dengan status mereka yang levelnya lebih tinggi,” ungkapnya.

Bagaimanapun statistik yang terlampir kata Tia, pertandingan sepakbola tetap hanya bisa ditentukan pemenangnya dalam 2×45 menit. Dirinya meyakini, pelatih Shin Tae-yong telah melakukan evaluasi, serta menganalisa kekuatan lawan pada pertandingan nanti.

BACA JUGA: Pulangkan Korea Selatan, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23 2024

Ia melihat ada perubahan signifikan dari permainan Timnas Indonesia kali ini, ditopang oleh strategi dan fisik pemain yang bagus. Adu penalti bisa saja kembali terjadi pada pertandingan nanti, dan Tias yakin mental pemain sudah mumpuni.

Tias yakin pressure tingkat tinggi yang dipertontonkan oleh Garuda muda dalam pertandingan nanti tidak akan membuat Uzbekistan dengan mudah menjalankan taktik yang telah disusun.

“Saya memprediksi kita bisa mengimbangi, 1-0 kita menang. Kita harus tetap optimis walaupun kita lihat saat Uzbekistan melawan Arab Saudi dengan kemampuan skill individunya sangat mumpuni,” tambahnya.

Optimisme juga ditunjukkan oleh mantan pemain Timnas lainnya, Nur Alim. Berjalan ketat, dirinya yakin Garuda muda dapat mengalahkan Uzbekistan pada pertandingan malam nanti.

“Prediksi saya 2-1, ketat. Karena Uzbekistan pernah juara di 2018, tahun 2022 Runner Up,” katanya.

Ia melihat komposisi pemain timnas U-23 saat ini sangat baik. Selain materi pemain, torehan apik Timnas U-23 juga didukung oleh mental dan fisik yang baik.

Meskipun demikian, para pemain tidak boleh larut dalam euforia, masing-masing pelatih tentu telah menganalisis kekuatan dan kelemahan lawannya.

Permainan gemilang Garuda muda juga diakui oleh Ketua KONI Kota Bekasi, Tri Adhianto. Menurutnya, komposisi pemain asuhan Shin Tae-yong di tiap lini sangat mumpuni.

“Saya kira formasi yang sangat lengkap mulai dari lini pertahanan kemudian juga penyerang, kombinasi yang apik mudah-mudahan bisa dipertahankan. Untuk skor prediksi saya 2-1 Indonesia menang,” ucapnya.

Berkaca adu pinalti melawan Korea Selatan kemarin, dirinya yakin Indonesia mempunyai peluang sangat besar jika pertandingan harus berakhir sama kuat. Kepercayaan diri pada pemain dinilai berada pada posisi puncak.

Tidak perlu bermain terburu-buru kata Tri, pasukan Garuda muda harus menikmati permainan melawan Uzbekistan malam nanti. Terpenting kata dia, para pemain tidak terprovokasi sehingga akan mengganggu permainan tim.

“Yang terpentingnya adalah fokus, jangan mudah terpancing untuk bermain keras atau melakukan yang tidak perlu,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin