Berita Bekasi Nomor Satu

ASAJ SD-SMP Bekasi Selesai, Pengoreksian dan Penginputan Nilai Dimulai

ILUSTRASI:  Sejumlah siswa SMPN 29 Kota Bekasi saat mengikuti ASAJ secara daring menggunakan gawai di ruang kelas. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) jenjang SD dan SMP di Kota Bekasi telah usai dilaksanakan. Sejumlah sekolah kini mulai melakukan proses pengoreksian soal serta penginputan nilai.

Proses penginputan nilai rapor jenjang SD semester 1-11 telah selesai dilakukan dan kini hanya tinggal nilai hasil ASAJ. Sementara untuk tingkat SMP, proses penginputan nilai rapor semester 1-5 juga telah dilakukan, dan tinggal nilai ASAJ.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 29 Kota Bekasi, Nining, proses pengoreksian nilai ASAJ dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran.

“Kebetulan kami menggunakan aplikasi Examora untuk menghitung nilai ASAJ, sehingga prosesnya sudah otomatis,” tuturnya kepada Radar Bekasi.

Menurut Nining, proses penginputan nilai dari semester 1-5 dilakukan lebih awal untuk memudahkan siswa yang ingin mendaftar ke jenjang sekolah lebih tinggi dan bisa mengakses nilai dengan mudah.

“Dalam memenuhi kebutuhan siswa untuk mendaftar ke sekolah lanjutan, kami terlebih dahulu menginput nilai rapor semester 1-5, termasuk buku induknya,” ujar Nining.

Sedangkan proses ujian susulan bagi siswa yang sakit atau berhalangan masih akan dilakukan sekolah pada Selasa, (21/5/2024).

BACA JUGA: Siswa SMA di Bekasi Diminta Tak Banyak Izin Jelang ASAJ

“Bagi siswa yang mengikuti ujian susulan dijadwalkan Selasa (21/5) dan jumlahnya 2-4 orang,” bebernya.

Hal senada disampaikan Guru SDN Jatiasih IV Kota Bekasi, Surya. Dikatakan, proses penginputan nilai telah dilakukan dan tinggal menunggu arahan untuk penginputan nilai ASAJ.

“Untuk semester 1-11 sudah rampung, tinggal menginput nilai ASAJ dan nilai praktik saja,” terangnya.

Surya menambahkan, proses penginputan nilai ASAJ sudah memasuki tahap akhir dan selanjutnya tinggal menunggu arahan untuk diinput ke aplikasi melalui operator sekolah.

“Saat ini masing-masing guru menginput nilai melalui excel, nanti setelah mendapat arahan, baru operator sekolah memasukkan ke aplikasi sekolah yang sudah tersedia,” ucapnya.

Disampaikan Surya, dalam proses pelaksanaan ujian, tidak ada ujian susulan, sebab seluruh siswa hadir.

“Tidak ada ujian susulan, karena semua siswa bisa hadir saat ujian hingga tuntas,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin