Berita Bekasi Nomor Satu

Raih Elektabilitas Tinggi, Ilham Habibie Siap Dorong Perkembangan Industri di Jawa Barat

Ilham Akbar Habibie saat podcast ekslusif Radar Bogor. (Foto: Rivaldi/Radar Bogor)

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Setelah mendapatkan tiket pencalonan dari Partai NasDem, Ilham Akbar Habibie mantap melangkah maju sebagai calon gubernur Jawa Barat tahun ini. Putra presiden RI ketiga BJ Habibie itu juga mengaku telah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai untuk memuluskan langkahnya menjadi orang nomor satu di Jabar.

Dalam sebuah wawancara eksklusif, Ilham mengaku telah memiliki perencanaan yang matang untuk membangun Jawa Barat. Dia menganggap, pengalamannya di bidang wirausaha, bidang akademis, dan sosial dapat menjadi modal yang mumpuni sebagai calon pemimpin daerah.

“Jawa Barat merupakan provinsi strategis karena memiliki industri yang besar sehingga sangat mungkin untuk terus dikembangkan. Saya melihat peluang itu untuk sinergi dengan upaya Indonesia emas 2045 nanti,” ujarnya saat podcast ekslusif yang dikutip dari Radar Bogor, Selasa (9/7).

BACA JUGA:Diusung Nasdem, Ilham Habibie Siap Tantang RK di Pilgub Jabar

Ilham mengaku tengah membidik pergerakan industri di provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia itu. Menurutnya, jika perkembangan industri naik maka pergerakan ekonomi juga akan ikut meningkat. Selain itu, lapangan pekerjaan baru juga akan bermunculan seiring bertambahnya jumlah industri.

“Sektor lain seperti pertanian, perikanan, dan pariwasata tetap akan diperhatikan namun industrilah yang menjadi pendorong sektor ini agar bisa tumbuh secara cepat. Saya ingin terlibat dan ikut serta untuk memperbaiki hal ini, tentu dengan melibatkan orang-orang spesialis dan pemerintah pusat maupun daerah,” ujarnya.

“Jawa Barat walau memiliki industri yang besar namun serapan lapangan kerja belum optimal. Akhirnya perilaku bermain judi online, tawuran, dan premanisme muncul sebagai dampak buruk dari tidak adanya lapangan kerja yang memadai. Bila lapangan kerja terbuka luas maka perilaku tersebut bisa dihilangkan,” sambung Ilham.

BACA JUGA: Siti Qomariyah Sambut Baik Pencalonan Ilham Habibie di Pilgub Jabar

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengaku telah membahas intens soal dukungannya kepada Ilham Habibie bersama sejumlah parpol lain seperti PKS dan PKB.

“Jabar Insya Allah Ilham Habibie. Kami komunikasi intensif dengan beberapa partai, paling intensif dengan PKS. Insya Allah nanti kita akan komunikasi dengan beberapa partai lain komunikasi. Dengan PKB juga komunikasi,” kata Willy di Kantor DPP Partai NasDem, beberapa waktu lalu.

Dia juga menyinggung meroketnya tingkat elektabilitas putra BJ Habibie itu menjelang pelaksanaan Pilgub Jabar. Willy menilai, kenaikan tersebut merupakan respons positif dari masyarakat Jawa Barat.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Disebut Lebih Berpeluang Menang di Pilgub Jabar Dibanding Jakarta

“Teman-teman bisa lihat gimana kenaikan signifikan dari Pak Ilham di Jawa Barat, seperti meteor, naiknya signifikan, ini belum sebulan ya, tapi kenaikannya sangat signifikan,” kata Willy.

“Artinya, respons publik positif dan progresif. Tidak hanya positif, tapi juga progresif. Tentu ini menjadi modal yang kuat bagi Pak Ilham sendiri dalam kontestasi pilkada di November nanti,” ujarnya. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin