Berita Bekasi Nomor Satu

Ponpes di Kota Bekasi Persiapan Sambut Kedatangan Santri Baru

MEMBACA AL-QUR'AN: Sejumlah santri Al-Hidayah Nurul Ummah Bojongsari Jatisari Jatiasih Kota Bekasi sedang membaca Al- Qur'an di lingkungan pesantren. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kota Bekasi sedang melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan santri baru tahun ajaran 2024/2025.

“Dalam menyambut kedatangan santri baru, kami menugaskan para santri lama untuk mengenalkan Standar Operasional Sekolah (SOP) di ponpes,” ujar Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bekasi, Ismail Anwar, kepada Radar Bekasi.

Ismail menjelaskan bahwa santri lama akan datang lebih awal ke ponpes, yaitu pada 12 Juli 2024, untuk mempersiapkan penyambutan santri baru.

“Santri lama akan datang lebih awal karena dilibatkan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),” lanjutnya.

Menurutnya, pelaksanaan MPLS di ponpes biasanya sama dengan seperti di sekolah formal pada umumnya. Namun di ponpes ada tambahan adaptasi bagi santri baru.

“Untuk kegiatan MPLS di ponpes sama dengan sekolah pada umumnya, tetapi ada adaptasi pembagian kamar, tata tertib, dan kedisiplinan,” jelas Ismail.

BACA JUGA: Kuota Santri Baru Ponpes di Kota Bekasi Belum Terpenuhi

Ismail menambahkan, biasanya santri lama akan membentuk kelompok piket bagi santri baru sebagai bentuk tanggung jawab untuk membersihkan ruang tidur masing-masing.

Sementara itu, penerimaan santri baru masih dibuka karena belum semua kuota ponpes terpenuhi. Namun, kuota masing-masing ponpes sudah mencapai 90 persen.

“Kami masih membuka penerimaan santri dan waktunya satu minggu lagi untuk menutup pendaftaran,” katanya.

Ismail berharap dalam waktu dekat ini kuota masing-masing ponpes bisa terpenuhi 100 persen, sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Harapan kami, dalam waktu dekat ini seluruh kuota ponpes dapat terpenuhi,” tandasnya. (dew)

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin