Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Ketua PSI Kota Bekasi Ungkap Nasib Peserta Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Potensi Koalisi dengan PKS

Ketua PSI Kota Bekasi Tanti Herawati memimpin kunjungan PSI ke kantor DPD PKS Kota Bekasi. Kunjungan diterima langsung ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara, Kamis (11/7/2024). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baru saja berkunjung ke kantor DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi, Kamis (11/7/2024).

Kunjungan PSI Kota Bekasi ini hanya berselang dua hari dari kunjungan Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep ke kantor DPP PKS di Jalan tb Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024) petang.

Kunjungan ini menetaskan sinyal kemungkinan koalisi kedua parpol di level pilkada sejumlah daerah.

Kaesang Pangarep dan rombongan pengurus PSI diterima langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan sejumlah pengurus DPP PKS.

Kedua petinggi parpol ini membicarakan peluang kerjasama koalisi PKS dan PSI di sejumlah Pilkada 2024, diantaranya Lebak, Banten dan Kota Bekasi.

BACA JUGA: PSI Kota Bekasi Berkunjung ke DPD PKS, Sinyal Koalisi Religius Nasionalis di Pilkada Kota Bekasi 

PKS Kota Bekasi sendiri berhasil menempatkan 11 wakilnya di kursi DPRD Kota Bekasi pada Pemilihan Legislatif 2024 kemarin. Kursi wakil rakyat dari PKS itu tersebar di lima daerah pemilihan.

Sedangkan PSI Kota Bekasi mengantongi dua kursi dalam Pemilihan Legislatif 2024. Dua wakil rakyat dari PSI itu diperoleh dari daerah pemilihan Bekasi 1, yaitu Bekasi Timur dan Bekasi Selatan. Satu kursi lagi didapat dari daerah pemilihan 5, yaitu Pondokgede dan Bekasi Barat.

Dengan raihan komposisi 11 kursi di legislatif, PKS Kota Bekasi berhak mengajukan calon kepala daerah di Pilkada Kota Bekasi 2024. PKS Kota Bekasi pun mantap bakal mengusung Heri Koswara yang juga ketua DPD PKS sebagai bakal calon wali kota Bekasi. PKS masih mencari sosok wakilnya.

Sedangkan PSI, dengan raihan 2 kursi legislatif itu harus berkoalisi dengan gabungan partai politik untuk dapat mengusung pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilkada Kota Bekasi 2024. PSI pun membuka penjaringan daftar bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

BACA JUGA: PSI Kota Bekasi Terima Pendaftaran Delapan Kandidat untuk Pilkada  

Sejauh ini, diketahui ada delapan tokoh yang tengah mengikuti penjaringan bakal calon kepala daerah di PSI Kota Bekasi.

Mereka antara lain yang mendaftar melalui PSI, berasal dari ketua parpol dan tokoh agama dan masyarakat. Di antaranya  Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi Tri Adhianto, mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi sekaligus Bappilu PDI Perjuangan Jawa Barat Mochtar Mohamad, Ketua DPC PPP Kota Bekasi Solihin, Nofel Saleh Hilabi (politisi Partai Golkar), Faisal (politisi Partai Golkar), H Madinah (tokoh ulama mantan ketua PCNU Kota Bekasi), Denis (tokoh mayarakat) dan mantan ketua umum KAMI periode 2021-2023, Zaky Ahmad Rivai.

Nah, bagaimana kelanjutan proses penjaringan bakal calon kepala daerah pasca kunjungan PSI ke markas DPD PKS Kota Bekasi, Kamis (11/7/2024)?

Ketua DPD PSI Kota Bekasi Tanti Herawati merespons dengan diplomatis. ”Masih dalam proses. Masih ada dua tahapan lagi yang harus mereka (pendaftar) lalui. Nanti, kami akan informasikan hasilnya,” ungkap Tanti di sela-sela kunjungan  di kantor DPD PKS Kota Bekasi, Jalan KH. Noer Alie, Kalimalang Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis.

Soal potensi koalisi dengan PKS, Tanti mengungkapkan, bagi PSI adalah sejarah jika berkoalisi dengan PKS dalam kontestasi Pilkada Kota Bekasi. ”’Nanti akan ada waktu yang tepat untuk deklarasi koalisi,” tandasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin