Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Lima Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, PLN Bekasi Berikan Layanan PESTA untuk Kebutuhan Listrik Sementara Waktu

Petugas PLN mengecek meteran listrik. FOTO: PLN UP3 BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Selama lima tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi memberikan layanan inovatif bagi masyarakat yang ingin mengadakan hajatan atau pesta di rumah.

Layanan yang dikenal sebagai Penyambungan Sementara atau PESTA ini tidak hanya praktis, tetapi juga dapat memangkas biaya sewa gedung.

Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan listrik sementara untuk berbagai keperluan seperti pesta, hajatan, acara keluarga, dan kegiatan lainnya yang memerlukan daya listrik dalam jangka waktu tertentu.

Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra mengatakan bahwa masyarakat Bekasi tak perlu khawatir kapasitas listrik di rumah tidak cukup jika menggelar pesta atau hajatan. PLN memberikan solusi kemudahan layanan listrik sementara melalui aplikasi PLN Mobile.

“PLN berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Layanan PESTA ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menyelenggarakan acara-acara khusus di rumah atau tempat lainnya,” ucap Donna Rabu (25/9/).

Ia menambahkan sepanjang 2024 ini, sampai dengan September PLN UP3 Bekasi telah mencatat kenaikan yang signifikan dari jumlah pengguna layanan PESTA di wilayah Bekasi. Ini merupakan salah satu komitmen PLN dalam memenuhi kebutuhan pasokan energi listrik kepada masyarakat.

“Layanan PESTA ini sangat membantu kebutuhan masyarakat akan penggunaan listrik dalam waktu sementara. Tercatat sampai dengan saat ini sudah mencapai 1.868 pelanggan telah menikmati layanan PESTA ini,” tambah Donna.

BACA JUGA: Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Bekasi Operasikan 18 SPKLU dan 8 SPBKLU di Bekasi  

Fitur ini dihadirkan PLN untuk melayani pelanggan yang menginginkan sambungan sementara, yakni pemasangan daya listrik sementara waktu atau temporal untuk kegiatan tertentu seperti pesta.

Begini tahapan untuk untuk mendapat layanan sambungan sementara dengan PLN Mobile :
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Buka menu Pasang Sementara kemudian klik ‘Mulai’
3. Notif coverage layanan. Klik ‘Mengerti’ untuk melanjutkan
4. Pilih ID pelanggan
5. Pilih lokasi dan lengkapi data alamat. Klik ‘Lanjutkan’
6. Pilih daya dan tanggal pelaksanaan sesuai kebutuhan. Kemudian klik ‘Lanjutkan’
7. Isi data pelanggan kemudian klik ‘Lanjutkan’
8. Review permohonan kemudian klik ‘Kirim Permohonan’ untuk melanjutkan
9. Pahami syarat dan ketentuan. Klik ‘Setuju’ untuk melanjutkan
10. Permohonan berhasil. Klik ‘OK’ untuk melanjutkan
11. Lanjutkan pembayaran/batalkan permohonan
12. Pilih opsi pembayaran yang tersedia
13. Apabila sesuai lanjutkan ‘Bayar’
14. PLN Mobile akan mengarahkan ke aplikasi dompet digital
15. Konfirmasi dan bayar di aplikasi
16. Lihat detil status permohonan pada riwayat permohonan.

Selanjutnya petugas PLN akan segera mengeksekusi sehingga layanan Pasang Sementara bisa dinikmati pelanggan. Petugas PLN datang mengenakan seragam, alat pelindung diri (APD) lengkap, membawa surat tugas, dan tidak menerima uang tip

Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Jawa Barat, Susiana Mutia mengatakan selain PESTA, aplikasi PLN Mobile juga menyediakan sejumlah fitur lainnya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan, seperti Pembayaran Token, Pengaduan, Catat Meter, Penyambungan Baru, Ubah Daya dan Migrasi, serta Marketplace.

“Cukup dengan aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa mengajukan segala kebutuhan kelistrikan dengan mudah praktis dan cepat,” kata Susiana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan PESTA dan layanan PLN lainnya, pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau Apple App Store. (oke/*)